<p>Sejumlah pengunjung mengamati mobil modifikasi yang tengah berlaga dalam Ashar Wheels Auto Contest 2021. Foto: Panji Asmoro/TrenAsia</p>

Pandemi Bikin Jarang Keluar Rumah, Jangan Lupa Cek 4 Komponen Kendaraan Ini

  • Situasi pandemi yang masih berlangsung menyebabkan aktivitas keluar rumah masih terbatas. Sarana transportasi yang menjadi alat mobilitas pun menjadi lebih lama dibiarkan tak terpakai.

Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Situasi pandemi yang masih berlangsung menyebabkan aktivitas keluar rumah masih terbatas. Sarana transportasi yang menjadi alat mobilitas pun menjadi lebih lama dibiarkan tak terpakai.

Kondisi inilah yang perlu dicermati karena kendaraan yang dibiarkan lama tak terpakai bisa mengalami kerusakan. Sejumlah hal tetap perlu dicek agar performanya tetap aman dan prima.

Mengutip tips yang disarankan oleh Honda Prospect Motor, berikut komponen penting kendaraan yang mesti dicek secara berkala.

1. Radiator

Komponen air radiator pada mobil harus dipastikan selalu dalam kondisi penuh sampai batas levelnya. Fungsinya, agar suhu mesin tetap optimal mencegah terjadinya overheat. Selain itu, bagian selang radiator dan selang penghubung ke reservoir juga perlu dicek. Anda harus memastikan selang dalam kondisi tidak ada retak dan menggelembung.

2. Oli Mesin

Oli mesin adalah salah satu komponen yang harus rutin diganti. Pasalnya, cairan kental ini berguna untuk meringankan kinerja mesin mobil. Dengan fungsi sebagai pelumas, oli bermanfaat untuk mengurangi gaya gesek antar komponen.

Adapun untuk mengecek kondisi oli, Anda perlu mengeeluarkan stik oli (dipstick) dari wadahnya dan periksa level ketinggian oli di ujung stik.

Dari sana, pastikan oli mesin berada di antara batas low dan high. Di samping itu, tetap perhatikan warnanya. Oli mesin yang masih bagus memiliki warna kecoklatan, sedangkan oli yang sudah lama cenderung berwarna hitam pekat.

Dalam hal ini, penggantian oli mesin harus dipastikan secara rutin sesuai dengan jadwal perawatan berkala yang terdapat pada buku petunjuk kendaraan.

3. Ban Mobil

Anda harus memastikan bahwa permukaan ban mobil tidak sampai gundul dan tidak ada tekstur yang retak atau benjol.

Selain itu, tread wear indicator (TWI) yang berupa garis pembatas di sela-sela ulir ban, juga harus dicek. Apabila permukaan ban sudah sejajar ketebalannya dengan garis TWI, berarti ban sudah menipis dan harus dilakukan penggantian. Tak kalah penting, tekanan angin pada ban juga harus diperiksa agar sesuai dengan standar.

4. Wiper

Selanjutnya, pemeriksaan kondisi wiper mobil dapat dipastikan lewat permukaan karet wiper. Apakah kondisinya retak atau sobek. Wiper terbilang aman jika ia mampu membersihkan kaca mobil secara optimal. Tabung air wiper di dalam kap mesin juga dapat diisi dengan cairan khusus pembersih wiper.

Kondisi wiper yang baik dapat membuat pengendara semakin merasa nyaman dan aman untuk berkendara dalam cuaca apapun. (RCS)