Kereta Api China-Laos
Transportasi dan Logistik

Pangkas Waktu Hingga 11 Jam, Kereta Api China-Laos Angkut 8 Juta Ton Barang

  • Kereta Api China-Laos membentang sepanjang 1.035 km dan menghubungkan Kunming, China dengan Vientiane, Laos, serta telah menjadi salah satu proyek infrastruktur paling penting dalam Inisiatif Belt and Road.
Transportasi dan Logistik
Muhammad Imam Hatami

Muhammad Imam Hatami

Author

JAKARTA - Lebih dari 8 juta ton barang impor dan ekspor telah diangkut melalui Kereta Api China-Laos setiap minggunya. Jumlah sebanyak itu menandai kesuksesan proyek kerata api yang memangkas jarak ribuan kilometer ini.

Kereta Api China-Laos, dengan panjang jalur 1.035 km, telah menjelma menjadi salah satu bagian penting pengembangan proyek Inisiatif Belt and Road.

Dilansir dari Xinhua, Rabu, 24 April 2024, kereta api ini mulai beroperasi sejak Desember 2021. Proyek infrastruktur ini tak  sekadar menghubungkan Kunming, China dengan Vientiane, Laos, tetapi juga telah menjadi simbol konektivitas yang mewakili semangat kerjasama regional. 

Dengan mengurangi hambatan perdagangan dan memfasilitasi arus barang dan orang antara kedua negara, kereta api ini telah mengukuhkan posisinya sebagai tulang punggung perdagangan di kawasan tersebut. 

Selain memberikan dorongan ekonomi bagi wilayah sekitarnya, kereta api ini juga membuka peluang investasi dan pertumbuhan ekonomi yang signifikan bagi kedua negara. 

Kereta Api China-Laos membentang sepanjang 1.035 km dan menghubungkan Kunming, China dengan Vientiane, Laos, serta telah menjadi salah satu proyek infrastruktur paling penting dalam Inisiatif Belt and Road. 

Mulai beroperasi sejak Desember 2021, kereta api ini tidak hanya memberikan konektivitas yang lebih baik antara kedua negara, tetapi juga telah menjadi tulang punggung perdagangan regional.

Dengan adanya kereta api ini, perdagangan antara China dan Laos semakin berkembang pesat, menciptakan peluang baru bagi pertumbuhan ekonomi dan kerjasama regional di masa depan.

Memangkas Waktu

Kereta api ini menawarkan keunggulan perjalanan yang tak tertandingi dibandingkan dengan kendaraan darat lainnya. 

Misalnya, perjalanan dari perbatasan China ke Vientiane kini dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 jam, sebuah keunggulan jauh lebih efisien dibandingkan dengan waktu tempuh 15 jam yang diperlukan menggunakan mobil.  

Kecepatan dan kenyamanan yang ditawarkan oleh kereta api ini tidak hanya memperpendek waktu perjalanan secara signifikan, tetapi juga mengurangi berbagai halangan yang sering terjadi selama perjalanan jarak jauh dengan kendaraan darat. 

Durian Thailand menjadi salah satu contoh nyata bagaimana Kereta Api China-Laos, dengan layanan Lancang-Mekong Express, telah mengubah lanskap perdagangan regional. 

Impor durian melalui jalur ini melonjak lebih dari 7 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan potensi besar yang terbuka lebar untuk peningkatan perdagangan antara negara-negara di kawasan ini.

Selain durian, berbagai jenis barang lainnya juga diangkut melalui jalur ini, termasuk buah-buahan, biji-bijian, makanan laut beku, produk elektronik dan mekanik, produk mineral, dan kendaraan energi baru.