3 Fakta Menarik Tentang Mega Proyek Kawasan Industri Terpadu (KIT) di Batang
Nasional

Pangsa Pasar Besar, Pabrik AC Merek Daikin Bangun Pabrik Senilai Rp3,3 Triliun di Bekasi

  • PT Daikin Airconditioning Indonesia berencana kembali berinvestasi di Indonesia senilai Rp3,3 triliun di GIIC Industrial Parks Bekasi.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - PT Daikin Airconditioning Indonesia berencana kembali berinvestasi di Indonesia senilai Rp3,3 triliun di GIIC Industrial Parks Bekasi.

Hal itu dilakukan Daikin Airconditioning sebagai respon positif dari nilai investasi di sektor industri manufaktur meningkat menjadi Rp230,8 triliun pada semester I-2022 atau meningkat 38% dari sebelumnya Rp167,1 triliun pada semester I-2021.

Selain itu, Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk produk air conditioning (AC) baik untuk ruma tangga maupun AC komersial.

Hal itu dianggap sangat menguntungkan PT Daikin Industries Indonesia yang akan memproduksi AC rumah tangga pada semester II-2024. Di mana pabrik AC tersebut memiliki kapasitas produksi sebesar 1,5 juta unit per tahun.

Dengan investasi ini nantinya Daikin memperkirakan mampu menyerap tenaga kerja 1.600-2.500 orang.

"Sebuah langkah yang tepat bagi Daikin untuk berinvestasi di dalam negeri sebagai market leader produk AC di Indonesia." kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resmi, Senin, 5 September 2022.

Saat ini sejumlah perusahaan dari PT Daikin Global di Indonesia saat ini telah melakukan proses produksi seperti PT Daikin Manufacturing Indonesia dengan produksi AC tipe ducting dan Air Handling Units.