Bosan Sering Tak Punya Uang? Lakukan 7 Hal Ini untuk Memperbaiki Kondisi Keuangan Anda
Gaya Hidup

Pantas Tidak Segera Kaya, Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bikin Anda Sulit Memiliki Banyak Uang

  • Inilah kebiasaan buruk yang bikin Anda sulit memiliki banyak uang dan kaya raya
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Memiliki uang yang cukup agar bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari merupakan keinginan semua orang. Tidak heran jika banyak orang yang bercita-cita ingin memiliki harta yang berlimpah, sukses serta kaya raya.

Akan tetapi, selain membutuhkan proses, waktu, dan komitmen, ada kebiasaan-kebiasaan yang diperlukan untuk membuat Anda memiliki banyak uang. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari kebiasaan yang bikin sulit kaya seperti berikut ini.

Tidak Bijak Menggunakan Uang

Ketika tiba tanggal gajian, tentu Anda merasa senang karena secara otomatis tabungan Anda bertambah. Namun, ternyata tidak banyak orang yang bisa tahan untuk segera membelanjakannya.

Tidak heran jika Anda kerap melihat banyak orang yang menghamburkan uang saat tanggal gajian. Akan tetapi, jika Anda juga melakukan hal serupa serta tidak bijak dalam menggunakan uang, maka Anda jadi susah untuk bisa kaya raya. Jika Anda terjebak dalam kebiasaan ini, maka menabung akan menjadi hal yang mustahil untuk dilakukan.

Suka Berutang

Utang bagi sebagian orang merupakan pilihan agar tetap bisa mendapatkan sesuatu yang dibutuhkan atau bahkan hanya keinginan saja. Namun, jika Anda menerapkan kebiasaan ini terus menerus, maka hal tersebut bisa membuat Anda sulit untuk segera kaya. Apalagi, jika utang Anda memiliki bunga yang tinggi yang akan membuat Anda sulit untuk menabung dan mewujudkan tujuan keuangan Anda.

Tidak Mau Berinvestasi

Seperti yang Anda lihat pada zaman sekarang, sudah banyak orang yang lebih aware terhadap pentingnya melakukan investasi. Hal ini karena jika malas atau tidak mau berinvestasi, akan sulit untuk bisa mewujudkan tujuan keuangan seperti ingin jadi orang yang kaya. Pasalnya, investasi bisa menjadi salah satu cara yang dapat menumbuhkan kekayaan.

Meski begitu, ada baiknya sebelum Anda berinvestasi, Anda mempelajari dengan cermat instrumen investasi yang akan Anda gunakan. Anda bisa mulai mencoba belajar berinvestasi pada jenis investasi dengan risiko rendah meski return juga rendah.

Menyepelekan Pengeluaran Kecil

Pengeluaran kecil biasanya sering disepelekan, seperti uang untuk parkir di mall, atau untuk membeli kopi kekinian yang mungkin jika dipikir ulang harganya memang terjangkau tapi bukan merupakan hal yang penting untuk dibeli setiap hari. Jika kebiasaan tersebut tetap Anda lakukan, hal ini akan membuat Anda sulit untuk menjadi orang kaya. Oleh karena itu, atur kembali pengeluaran Anda dan tahan diri Anda untuk tidak membeli sesuatu di luar kebutuhan pokok Anda.

Tergiur dengan Gaya Hidup Mewah Orang Lain

Media sosial saat ini memang sering digunakan sebagai ajang flexing atau pamer pencapaian atau keberhasilan, Tidak hanya itu, para influencer juga kerap mengunggah gaya hidup mewahnya di media sosial yang membuat banyak pengikutnya jadi ingin mengikutinya. Akan tetapi, hal ini bisa menjadi kebiasaan yang buruk apalagi jika Anda tidak memiliki uang untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, selalu mengikuti gaya hidup orang lain juga akan membuat Anda tersiksa karena Anda selalu merasa kurang puas dengan pencapaian dan selalu merasa ingin memiliki hal yang sama seperti idola Anda.