Tol Trans Jawa adalah jaringan jalan tol yang menghubungkan kota-kota di pulau Jawa. Jalan  tol ini membentang antara Pelabuhan Merak, Cilegon, di Provinsi Banten hingga Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, di Provinsi Jawa Timur. Total panjang Tol Trans Jawa mencapai 1.240,84 kilometer (Km).
Nasional

Pantauan Arus Kendaraan Tol Trans Jawa H+1 dan H+2 Idulfitri: Kalikangkung Paling Padat

  • Gerbang Tol Kalikangkung mencatat peningkatan volume kendaraan paling tinggi untuk jalur menuju Kota Semarang.
Nasional
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melakukan pemantauan terhadap volume kendaraan yang melintasi ruas Tol Trans Jawa pada hari pertama dan kedua Idulfitri 2022. Berdasarkan pemantauan tersebut, Gerbang Tol Kalikangkung mencatat peningkatan volume kendaraan paling tinggi untuk jalur menuju Kota Semarang. 

Jasa Marga mencatat ada peningkatan sebesar 136% pada volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek melalui GT Cikampek Utama pada H+1 dan H+2 Idulfitri jika dibandingkan dengan lalu lintas normal.

Pada H+2 Idulfitri, tercatat sebanyak 64.372 meninggalkan wilayah Jabodetabek lewat GT Cikampek Utama. Sementara itu, pada H+1 Idulfitri, ada 70.294 kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek melalui GT yang sama.

Untuk ruas tol Trans Jawa, Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) mencatat distribusi volume kendaraan di beberapa gerbang tol lingkup masing-masing wilayah. Berikut rinciannya.

Jawa Tengah

1. Tol Kalikangkung

Per 3 Mei 2022, tercatat ada sebanyak 87.620 kendaraan menuju Semarang atau naik sebesar 155% dari lalu lintas normal.

Sementara itu, ada 37.604 kendaraan yang meninggalkan Semarang dengan kenaikan 5% dari lalu lintas normal.

2. Tol Banyumanik

Di tol Banyumanik, Jasa Marga mencatat ada 53.562 kendaraan menuju Semarang dengan kenaikan 52% dari lalu lintas normal.

Kendaraan yang meninggalkan Semarang lewat melalui tol ini sebanyak 95.780 kendaraan atau naik 151% dari lalu lintas normal.

Jawa Timur

1. Tol Warugunung

Tercatat ada 54.214 kendaraan menuju Surabaya yang melewati Tol Warugunung dengan kenaikan 68% dari lalu lintas normal.

Sementara itu, ada 62.303 kendaraan yang meninggalkan Surabaya lewat tol tersebut dengan kenaikan 146% dari lalu lintas normal.

2. Tol Kejapanan Utama

Jasamarga menghitung ada 62.770 kendaraan menuju Surabaya via tol Kejapanan Utama dengan kenaikan 61% dari lalu lintas normal.

Kemudian, ada 71.988 kendaraan yang meninggalkan Surabaya melalui Tol Kejapanan Utama dengan kenaikan 106% dari lalu lintas normal.

3. Tol Singosari

Untuk tol Singosari, tercatat ada 33.160 kendaraan menuju Malang atau naik 73% dari lalu lintas normal.

Kemudian, ada 29.445 kendaraan yang tercatat meninggalkan Malang melalui tol tersebut dengan kenaikan 63% dari lalu lintas normal.