Nasional

Papua Siap Jadi Tuan Rumah Hockey Asia 2022, Habiskan Rp300 Miliar Bangun 2 Venue

  • Papua dipercaya menjadi tuan rumah Hockey Asia yang bakal digelar Februari 2022. Pembangunan venue hockey menghabiskan dana Rp300 miliar.
Nasional
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA -- Papua telah dianggap berhasil mengadakan event paling bergengsi di Indonesia, yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) yang tahun ini merupakan gelaran ke-20. Setelah ini, Papua dipercaya menjadi tuan rumah Hockey Asia yang bakal digelar Februari 2022.

Ketua Federasi Hockey Indonesia Provinsi Papua Jan Dance Kbarek mengatakan, ada dua gedung venue Hockey Indoor maupun Outdoor yang dibangun di Doyo Baru, Kabupaten Jayapura, Papua untuk menggelar PON XX Papua ternyata memiliki fasilitas berstandar internasional.

Dia menyebut, pembangunan kedua venue tersebut mengabiskan dana Rp300 miliar.

"Dari federasi Hockey Indonesia pusat sudah datang dan melihat sendiri dua gedung ini dan fasilitasnya. Bahkan, tim verifikasi juga sudah memantau. Boleh dibilang dua venue ini terbaik di Indonesia, setelah senayan Jakarta. Jadi mereka menunjuk kami,  khususnya lapangan Hockey Outdoor akan menjadi tuan rumah kejuaraan Asia, Februari 2022 mendatang," ujar Kbarek dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu, 9 Oktober 2021 dari situs PON XX Papua.

Menurut Kbarek, para pengurus Federasi Hockey Indonesia melalui Ketua umum Brigjen Yus Adi Kamrullah sangat menyambut baik rencana perhelatan internasional ini di Papua.

Sebab Papua memiliki keindahan alam yang wajib dikunjungi oleh para atlet dan ofisial yang akan datang bertanding.

Kbarek menambahkan, pelatih Timnas Indonesia asal Malaysia Muhammad Dhaarma pun mengaku terpesona dengan pemandangan Danau Sentani dan Gunung Cyclop di Papua.

Dia mengklaim gelaran kejuaraan internasional di Jayapura, sudah tentu akan disambut baik oleh utusan negara-negara Asia yang akan tampil dalam kejuaraan Hockey nantinya.

"Pak Bupati Jayapura juga sudah siap sehingga pasca PON, kami akan melakukan persiapan-persiapan lagi menyambut kegiatan internasional ini," imbuhnya.

Kbarek berharap pemerintah Provinsi Papua, khususnya intansi teknis bisa menyiapkan kegiatan berupa sport tourism ketika perhelatan Hockey Asia 2022.

Dengan demikian, para peserta yang berasal dari luar negeri akan datang bertamu ke Papua, selain mengikuti event olahraga, mereka juga bisa menikmati keindahan alam Papua, budaya dan adat istiadat yang benar-benar kaya.

"Kita meramu sedemikian rupa dalam paket sport tourism untuk dijual. Sehingga selain olahraga, ada juga pariwisata. Dengan demikian pasca PON, gedung tidak tinggal mubazir namun ada event baru yang bisa mendatangkan ekonomi bagi Papua, lebih khususnya masyarakat Jayapura," katanya.*