Ilustrasi perusahaan penguasa tambang batu bara di Indonesia / Ilustrasi: Azka Yusra
TrenData

Para Penguasa Tambang Batu Bara

  • Perusahaan batu bara Indonesia menjadi salah satu dari jajaran tambang penghasil emas hitam terbesar dunia. Perusahaan milik negara hingga konglomerat telah bertahun-tahun mengeruk perut bumi dan menghasilkan triliunan rupiah dari bahan bakar fosil ini.
TrenData
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

Perusahaan batu bara Indonesia menjadi salah satu dari jajaran tambang penghasil emas hitam terbesar dunia. Perusahaan milik negara hingga konglomerat telah bertahun-tahun mengeruk perut bumi dan menghasilkan triliunan rupiah dari bahan bakar fosil ini.

Tingginya permintaan batu bara memang membuat harga produk tambang ini melejit, bahkan mencetak rekor tertinggi sejak 2008. Pada pertengahan Juli 2021, batu bara ICE Newcastle naik 5,35% hingga menyentuh US$153,7 per ton.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sendiri telah menaikkan target produksi batu bara tahun ini, dari 550 juta ton menjadi 625 juta ton. Dengan rata-rata produksi sebesar 600 juta ton per tahun, diharapkan perusahaan-perusahaan tambang mampu menggenjot produksinya.

Adanya peluang harga dan total cadangan batu bara di Tanah Air yang mencapai 38,84 miliar ton, mampukah perusahaan tambang membidik peluang tersebut? Lantas, siapa saja perusahaan raksasa dengan cadangan batu bara terbesar di Indonesia?