Beberapa negara di Timur Tengah menorehkan rekor suhu tertinggi pekan ini.
Dunia

Parah, Suhu Panas Vietnam Catat Rekor Tertinggi hingga 44 Derajat Celcius

  • Suhu terpanas Vietnam tertinggi Vietnam mencapai 43,4 derjat Celcius pada 2019.
Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

HANOI - Suhu panas menyerang wilayah Asia tenggara belakangan ini termasuk Indonesia. Namun, suhu panas Indonesia belum seberapa jika dibandingkan dengan negara tetangganya, Vietnam.

Mengutip informasi dari BBC, Selasa, 9 Mei 2023, suhu panas di Vietnam hampir mencapai 44 derajat celcius yakni 43,8 derajat celcius. Angka ini merupakan rekor tertinggi dibanding suhu panas sebelumnya yang pernah terjadi pada 2019.

Sebelumnya, suhu terpanas Vietnam tercatat sebesar 43,4 derjat Celcius pada 2019. Suhu tinggi tersebut terjadi pada prvinsi Thanh Hoa yang terletak di bagian utara Vietnam.

Kala suhu panas menerpa, Pemerintah setempat memperingatkan warganya untuk tetap berada di dalam rumah.

Adapun rekor suhu Vietnam sebelumnya sebesar 43,4 derajat Celcius ditetapkan di provinsi tengah Ha Tinh empat tahun lalu.

Naiknya suhu secara signifikan di Vietnam membuat jam kerja petani negara tersebut berubah. Menurut kesaksian Nguyen Thi Lan , panas memaksa para pekerja untuk memulai lebih awal dari sebelumnya dan selesai pada pukul 10:00.

Vietnam rupanya bukan negara terpanas di Asia tenggara. Sejumlah negara lain seperti Thailand melaporkan suhu mencapai 44,6 derajat celcius di provinsi Mak.

Kemudian, sebuah kota di sisi Timur Myanmar juga mencatat suhu sebesar 43,8 celcius. Sebagai catatan, angka ini merupakan rekor suhu tertinggi di Myanmar selama satu dekade terakhir.

Perlu diketahui, saat ini dunia telah menghangat sekitar 1,1 Celcius sejak era industri dimulai. Suhu akan terus meningkat kecuali pemerintah melakukan pengurangan emisi secara drastis.

Pada Maret lalu, sejumlah ilmuwan iklim mengatakan tujuan utama suhu global kemungkinan besar akan terlewatkan.

Di sisi  lain, pemerintah sebelumnya telah setuju untuk bertindak untuk menghindari kenaikan suhu global di atas 1,5 derajat Celcius. Sayangnya, dunia terlanjut memanas dan para ahli mengatakan bahwa kemungkinan besar akan menembus 1,5 derajat celcius pada tahun 2030-an.