Gegara Menparekraf
Nasional

Pariwisata Pulih, Kunjungan Turis Asing ke Indonesia Awal 2023 Melonjak 500 Persen

  • Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia meningkat tajam pada awal 2023.
Nasional
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman)  ke Indonesia meningkat tajam pada awal 2023.

Sebanyak 754.000 turis asing datang berkunjung ke Indonesia selama Januari 2023. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan jumlah kunjungan wisman ke Indonesia pada Januari 2023 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya saat pandemi COVID-19 masih melanda.

"Jika dibandingkan dengan Januari 2022 (angka kunjungan wisman) mengalami peningkatan hingga 503,34 persen," kata Sandiaga dalam keterangan resmi, Selasa, 7 Maret 2023.

Adapun kunjungan wisman ini, kata Sandiaga didominasi oleh lima negara yaitu Malaysia, Australia, Singapura, Timor Leste, dan India.

Sandi mengungkapkan pihaknya terus mendorong beberapa kegiatan agar peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara ini terus naik dengan beberapa kegiatan.

Lebih lanjut, mantan Wagub DKI Jakarta ini menyebutkan, saat ini Indonesia sedang memasuki masa low season, sehingga diperkirakan akan terjadi penurunan jumlah kunjungan wisman.

Untuk menghadapi penurunan tersebut, ia menyebutkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah melakukan sejumlah kerja sama dengan beberapa maskapai penerbangan untuk menawarkan promo-promo yang menarik.

Pihaknya juga melakukan program aktivasi melalui famtrip. Lalu ada pula program aktivasi melalui keikutsertaan pameran internasional terbesar seperti SATTE 2023 di India dan ITB Berlin di Jerman

"Rencananya akan saya hadiri dan roadshow investasi di Hong Kong sehingga diharapkan akan ada lebih banyak mendatangkan wisatawan mancanegara di masa low season ini," katanya.