Photo by Keira Burton: https://www.pexels.com/photo/unsatisfied-multiethnic-couple-having-conversation-on-stairs-6147241/
Gaya Hidup

Pasangan Jauh Lebih Good Looking dari Anda? Simak Resiko Perceraiannya Menurut Ahli

  • Ketika Anda memutuskan untuk menikah, maka resiko perceraian tidak dapat Anda hindari.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Ketika Anda memutuskan untuk menikah, maka resiko perceraian tidak dapat Anda hindari. Memikirkan perceraian bahkan sebelum menikah mungkin dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, namun penting untuk Anda pertimbangkan.

Penelitian mengatakan bahwa menikahi beberapa tipe wanita dapat meningkatkan resiko keseluruhan.

Pria yang menikahi wanita yang memiliki daya tarik fisik jauh lebih menarik berpotensi memiliki istri yang kurang berkomitmen dan menciptakan resiko perceraian yang lebih tinggi.

Penelitian yang menunjukkan bahwa pasangan yang tidak cocok satu sama lain dalam perkiraan tingkat daya tarik fisik cenderung memiliki hubungan romantis yang kurang berhasil.

Orang-orang secara biasanya lebih tertarik pada lain yang memiliki daya tarik lebih dibandingkan mereka. Survei yang dilakukan terhadap data kencan online menunjukkan bahwa pria dan wanita mengejar prospek hingga 25 persen lebih menarik daripada mereka.

Namun, tak jarang beberapa orang juga menyadari seberapa menarik mereka dan siapa yang dapat mereka tarik. Mereka akan mempertahankan hubungan dengan individu yang lebih mirip. Kebanyakan pria tidak keluar dari liga mereka.

Namun, ketika pasangan merasa ada ketidakcocokan secara daya tarik fisik, maka peluang hubungan akan bertahan lama menjadi lebih sedikit. Sebuah penelitian menemukan bahwa wanita yang melaporkan bahwa pasangan mereka secara signifikan kurang menarik, cenderung menggoda orang lain dan melaporkan merasa kurang berkomitmen terhadap hubungan tersebut.

Penelitian lain menunjukkan bahwa pasangan yang tidak cocok secara fisik mungkin memiliki hubungan yang lebih pendek dan kurang berhasil. Bukan karena pihak yang lebih menarik kurang berkomitmen, tapi karena pihak yang kurang menarik lebih rentan terhadap kecemburuan.

Namun, ada kabar baik yang dibawa oleh penelitian lain yang dilakukan oleh Benjamin Karney dari UCLA. Ia mewawancarai 82 pasangan pengantin baru tentnag tantangan dalam hubungan mereka dan kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pria yang menikah dengan wanita yang jauh lebih menarik merasa lebih bahagia. Mereka juga lebih efektif dan lebih positif ketika membantu istri mereka mengatasi masalah mereka.

Sebuah penelitian lain juga mengungkapkan daya tarik fisik menjadi kurang penting untuk pasangan yang bersahabat lama sebelum akhirnya memutuskan untuk berkencan.