Orang-Orang yang Memakai Masker Wajah Lewat di Depan Layar yang Menampilkan Data Perdagangan (Reuters/Annabelle Chih)
Dunia

Pasar IPO Asia Terlihat Lebih Cerah Pada 2024, Pemilu jadi Ancaman

  • Para bankir di pasar modal ekuitas Asia berharap tahun 2024 akan menjadi tahun yang lebih baik setelah penampilan yang buruk untuk penawaran umum perdana (IPO) tahun ini. Mereka mencatat suku bunga telah stabil secara global. Namun pemilihan umum di seluruh kawasan dan di Amerika Serikat (AS) dapat menghambat permintaan.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Para bankir di pasar modal ekuitas Asia berharap tahun 2024 akan menjadi tahun yang lebih baik setelah penampilan yang buruk untuk penawaran umum perdana (IPO) tahun ini. Mereka mencatat suku bunga telah stabil secara global.

Namun pemilihan umum di seluruh kawasan dan di Amerika Serikat (AS) dapat menghambat permintaan. Menurut data LSEG, suku bunga yang tinggi, inflasi yang tinggi, dan ketegangan geopolitik telah menyebabkan penjualan saham oleh perusahaan-perusahaan Asia Pasifik, termasuk Jepang. 

Penjualan saham diketahui merosot seperlima nilainya sepanjang tahun ini menjadi US$229 miliar. Hal itu membuat tahun ini berpotensi menjadi tahun paling lemah sejak 2012.

Data tersebut mencakup penjualan saham baru dan sekunder, penerbitan obligasi konversi, dan perdagangan blok. Para bankir mengatakan suku bunga di banyak negara tampaknya telah mencapai puncaknya dan pembicaraan beralih ke penurunan suku bunga tahun depan. 

Sementara sentimen pasar modal ekuitas (ECM) telah membaik dalam beberapa pekan terakhir. “Kami berada di jendela saat ini di mana pasar telah memperhitungkan prospek makro yang cukup baik yang dapat mendorong emiten untuk datang. Jalurnya kuat,” kata Udhay Furtado, co-head Citi untuk pasar modal ekuitas Asia, dikutip dari Reuters, Jumat, 15 November 2023.

Bukti peningkatan sentimen untuk penjualan saham telah terlihat dalam sejumlah kesepakatan perdagangan blok di wilayah tersebut selama beberapa pekan terakhir. Ini termasuk Bain Capital yang menjual sahamnya senilai US$448 juta di Bank Axis India (AXBK.NS) bulan ini.

Furtado mengatakan, bagaimanapun, jendela bagi perusahaan untuk datang ke pasar untuk mendapatkan dana akan ketat dan sulit untuk dinavigasi saat pemilihan berlangsung. Saat aktivitas politik memanas, bisnis biasanya enggan membuat keputusan kesepakatan besar, waspada terhadap potensi perubahan kebijakan.

Pemilu di wilayah tersebut akan dimulai dengan Taiwan bulan depan. Pemilih Indonesia, Korea Selatan, dan India juga akan menuju ke tempat pemungutan suara. Sementara pemilihan AS akan diadakan pada bulan November 2024.

Kesepakatan besar dalam jalur pipa untuk tahun depan termasuk rencana perusahaan logistik Alibaba Cainiao untuk mengumpulkan US$1 hingga US$2 miliar dalam IPO Hong Kong. Ini akan menjadi daftar besar pertama Alibaba (9988.HK) satuan.

Persaingan untuk IPO di Asia sangat sengit, dengan biaya yang dihasilkan dari transaksi ECM menyumbang hampir 40% dari total pendapatan bank investasi di wilayah ini, dibandingkan dengan 25% secara global.

Pasar Tersibuk

China akan menjadi pasar IPO tersibuk di dunia pada tahun 2023 untuk tahun kedua berturut-turut, meskipun nilai IPO turun 35% menjadi US$37,3 miliar sepanjang tahun ini di tengah ekonomi yang tergagap-gagap. Regulator juga berusaha memperlambat laju IPO daratan saat mereka berupaya meningkatkan mekanisme di pasar sekunder.

Kesengsaraan ekonomi China pada umumnya membuat investor asing kekurangan modal pada ekuitas China tahun ini. Namun langkah Beijing untuk menopang ekonomi tampaknya berpengaruh.

“Kami masih melihat investor internasional relatif berhati-hati terhadap eksposur di China, perubahan kebijakan baru-baru ini memberikan kenyamanan dan sentimen mulai berubah sedikit lebih positif,” ujar Sunil Dhuphelia, co-head ECM untuk Asia ex-Japan di JPMorgan.

Menurut data LSEG, daftar baru di Hong Kong, yang sebelumnya telah lama diuntungkan dari perusahaan-perusahaan China yang bergegas meningkatkan modal di kota itu, telah anjlok 36% menjadi sekitar US$5 miliar tahun ini dan berada di jalur untuk tahun terlemah mereka dalam setidaknya 20 tahun.

Untuk bank investasi di Hong Kong, yang telah menambah staf selama pandemi ketika suku bunga rendah, kemerosotan tersebut telah memicu PHK yang meluas.

“Ke depan, akan sangat membantu untuk memfasilitasi pencatatan yang sukses di Hong Kong jika pelamar pencatatan dapat memiliki lebih dari sekadar kisah China,” kata Richard Wang, mitra di firma hukum Freshfields Bruckhaus Deringer yang menjadi penasihat kesepakatan M & A.