Deretan jajanan yang disajikan di Pasar Subuh Blok M Jakarta.
Destinasi & Kuliner

Pasar Kue Subuh Blok M, Surganya Pecinta Kuliner Tradisional

  • Pasar Kue Subuh Blok M merupakan salah satu niaga yang paling laris dan ikonik di Jakarta.
Destinasi & Kuliner
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Bicara soal Jakarta, pasti tidak asing lagi dengan Pasar Kue Subuh Blok M. Pasar Kue Subuh Blok M merupakan salah satu niaga yang paling laris dan ikonik di Jakarta. Pasar ini buka dari pukul 01.30 WIB sampai 08.00 WIB. Setiap hari Pasar Kue Subuh Blok M akan dipenuhi oleh pedangang yang menjajakan dagangannya.

Salah satu kawasan surga kuliner ini seakan tidak pernah sepi pengunjung. Pasalnya, pasar yang letaknya di Jl. Melawai inimenjual berbagai macam jajanan pasar dengan harga yang terjangkau.

Para pedagang di Pasar Kue Subuh terbagi menjadi dua. Ada yang menjual aneka macam kue dengan harga murah mulai dari Rp1.000 per buah, dan ada pula yang menjual mulai dari Rp4.000 dengan kualitas premium. Selain itu, ukuran kuenya besar-besar.

Tidak ada catatan yang pasti terkait kapan pedagang mulai mengisi area Blok M di padi hari untuk berjualan kue. Namun Pasar Kue Subuh Blok M ini mulai dikenal banyak orang di akhir tahun 1960.

Meski banyak persaingan yang ketat dengan toko kue popular atau jajanan masa kini,  rasa dari setiap gigit jajanan tradisional di Pasar Kue Subuh Blok M ini membekas dan membuat orang-orang sulit meninggalkannya.

Ketika memasuki area pasar, hal pertama yang Anda lihat adalah hamparan jajanan pasar yang disusun pada spot lesehan puluhan pedagang. Saat berkunjung ke Pasar Kue Subuh ini, pengunjung akan dibuat kebingungan karena melihat banyaknya pedagang yang rata-rata menjual jenis jajanan yang sama. 

Meski begitu, setiap pembeli yang sering mampir di sini pasti sudah memiliki langganannya sendiri. Di Pasar Kue Subuh Blok M, Anda akan tergiur dengan berbagai macam pilihan jajanan pasar seperti aneka gorengan, pastel, risoles, cakwe, onde-onde, sosis solo, lemper, soes, bika ambon, kue lapis, dan aneka jenis kue basah lainnya.

Tidak heran jika tempat ini menjadi surga bagi pecinta kuliner khususnya jajanan pasar. Jika Anda ingin membeli jajanan di sini, pastikan datang sebelum pukul 05.00 WIB karena kue-kue di sini masih hangat dan jenisnya masih beragam. Di sini, Anda bisa mencari sarapan sekaligus wisata kuliner dengan harga murah meriah.