<p>Pekerja menyiapkan barang pesanan untuk dikirimkan kepada pembeli di gudang toko daring Lazada di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Selasa (23/5). Untuk mengimbangi perkembangan. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Fintech

Pasar Muslim RI Jumbo, UMKM Gencar Jualan di e-Commerce Lazada

  • Berdasarkan data World Population Review 2021 populasi penduduk muslim yang mencapai 229 juta jiwa atau sekitar 87,2% dari total penduduk Indonesia, menunjukkan ekonomi halal nasional bisa menjadi kontributor yang besar bagi pendapatan negara.
Fintech
Adinda Purnama Rachmani

Adinda Purnama Rachmani

Author

JAKARTA - E-Commerce Lazada Group meluncurkan Lazada Amanah pada April 2021, kanal ini mulai menjadi tempat umat Muslim berbelanja online untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Kanal ini juga telah berkontribusi dalam mendorong kesuksesan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang fokus pada produk kebutuhan muslim. 

Berdasarkan data World Population Review 2021 populasi penduduk muslim yang mencapai 229 juta jiwa atau sekitar 87,2% dari total penduduk Indonesia, menunjukkan ekonomi halal nasional bisa menjadi kontributor yang besar bagi pendapatan negara.

Salah satu UMKM yang berjualan di Lazada Amanah, Selviana Yuswanto bercerita jika tokonya bernama Mybamus, tokonya memasuki babak baru saat bergabung di Lazada pada 2018. Meski awalnya belum memahami fitur yang ada di e-commerce, Selvi bertekad mempelajari dan menggunakan berbagai fitur yang ada serta terus belajar melalui program pelatihan seperti Lazada University.

"Sejak bergabung di Lazada dan mengaplikasikan ilmu yang saya dapatkan, peningkatan pertumbuhan toko saya cukup pesat. Lazada punya banyak program pelatihan yang membantu penjual meningkatkan skill berjualan online dan mampu memanfaatkan berbagai fitur yang ada secara optimal. Misalnya fitur ‘Bisnis Analis’ yang menyediakan data terkait penjualan masing-masing produk sehingga saya bisa membuat strategi bisnis yang tepat,” ucap Selvi, dalam keterangan pers, Senin, 13 Desember 2021.

Kanal Lazada Amanah memberikan peluang bagi UMKM untuk lebih menyasar pelanggan muslim baru setiap harinya.

Ia pun berharap banyak pengusaha muda bisa mengikuti jejak suksesnya dan bersama-sama mengembangkan pasar fesyen muslim di Indonesia.

"Adanya e-commerce dengan kanal khusus kebutuhan muslim memperbesar peluang kami memperluas pasar dengan jaringan e-commerce yang mencapai seluruh Indonesia," ucap Selvi.