<p>Pengerjaan proyek PT Adhi Karya</p>
Pasar Modal

Pasar Properti Recovery, Anak Usaha Adhi Karya Siap IPO Tahun Ini

  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) memastikan akan melepas anak perusahaannya, yakni PT Adhi Commuter Properti (ACP) untuk melantai di bursa pada tahun ini.

Pasar Modal
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA – PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) memastikan akan melepas anak perusahaannya, yakni PT Adhi Commuter Properti (ACP) untuk melantai di bursa pada tahun ini.

Direktur Operasi II Adhi Karya Pundjung Setya Brata menyebut anak usaha di bidang properti ini  akal mekanisme initial public offering (IPO) usai terjadinya perbaikan kondisi pasar pada tahun ini. Pundjung mengatakan sektor properti mulai tumbuh akhir tahun lalu dan berpotensi stabil.

“Kami sangat optimistis di akhir tahun ini ACP akan IPO. Proceed-nya kami targetkan sekitar 30%,” ucap Pundjung dalam konferensi pers, Selasa, 25 Mei 2021.

ACP diketahui telah lebih dulu menggelar penawaran umum obligasi senilai Rp500 miliar. Dana obligasi itu menjadi tambahan ACP dalam menyiapkan aspek permodalan dan penguatan divisi produk.

Untuk diketahui, proyek ACP didominasi dari kawasan Transit Oriented Development (TOD) di wilayah aglomerasi Jabodetabek. ACD menilai langkah IPO menjadi strategi tepat untuk mengembangkan potensi properti di wilayah  dekat stasiun LRT Jabodetabek.

“Tahun ini pasar properti sudah mulai menunjukkan pertumbuhan, sehingga kami sangat optimis,” ungkap Pundjung.

Hingga kini, ACP telah mengembangkan 12 kawasan berbasis TOD di Jabodetabek. Proyek yang sudah dikerjakan ACP ini memiliki landbank mencapai 140 hektare.

Salah satu kawasan yang disasar ACP di dekat stasiun LRT Jabodetabek antara lain Cibubur City. Kawasan tersebut bakal dikembangkan ACP lantaran dekat dengan stasiun LRT Harjamukti.

Selain itu, ada pula proyek yang telah mencapai tahap serah terima tahap pertama di kawasan LRT Jabodetabek, yakni Cisauk Point. Kawasan tersebut tergabung ke dalam LRT City yang terhubung langsung ke stasiun LRT Cisauk. (LRD)