<p>Ilustrasi: Proyek properti rumah tapak Vasaka Bali milik PT Waskita Realty. / Waskitarealty.co.id</p>
Industri

Pasar Rumah Seken Meningkat 3,7 Persen, Harga di Makassar Naik Paling Tinggi

  • Riset yang dilakukan 99 Group dalam laporan Flash Report edisi Desember 2021 berdasarkan tren pasar yang ada di kota besar Indonesia, mengungkapkan terjadinya peningkatan pada harga pasar rumah seken sebanyak 3,7%.
Industri
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Riset yang dilakukan 99 Group dalam laporan Flash Report edisi Desember 2021 berdasarkan tren pasar yang ada di kota besar Indonesia, mengungkapkan terjadinya peningkatan pada harga pasar rumah seken sebanyak 3,7%.

Secara tahunan, Makassar menjadi kota di Indonesia yang mengalami laju kenaikan harga paling cepat  yakni sebanyak 11,9%. Sedangkan ada enam dari 13 kota yang juga mengalami kenaikan harga secara month-on-month dengan Semarang mengalami kenaikan harga bulanan tercepat sebanyak 2,2%.

CEO 99 Group Wasudewan mengatakan pergerakan harga rumah seken menunjukkan pemulihan dengan kenaikan sebesar 3,7% year on year (yoy) jika dibandingkan pada periode yang sama di 2020.

“Sedangkan, di sisi suplai juga tumbuh positif di 6,0% pada Desember 2021 dibandingkan 2020,” katanya dikutip dari keterangan resmi, Senin, 24 Januari 2022.

Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) secara month-on-month properti rumah seken tercatat mengalami tumbuh terbatas. Depok mengalami kenaikan 1,6% sedangkan rumah seken di Bogor dan Tangerang mengalami penurunan 0,2% dan 0,6% berurutan, sedangkan Jakarta dan Bekasi harganya tetap sama dengan bulan sebelumnya.

Jika secara tahunan mulai dari Desember 2020-Desember 2021 harga rumah seken di Jakarta mengalami kenaikan sebesar 2,1%, Depok naik 8,2%, Tangerang sebesar 5,6%, Bekasi 3,6% dan Bogor naik sebesar 4,5%.

Adapun Tangerang menjadi wilayah populer untuk pencarian rumah seken di wilayah Jabodetabek sepanjang Desember 2021 dengan presentasi 13,5% dari total listing enquiries rumah di Indonesia bulan ini. Disusul Jakarta tepatnya Jakarta Barat dengan presentase pencarian 11,4% lalu Jakarta Selatan sebanyak 10,0%.

Sedangkan, secara month-on-month terjadi peningkatan permintaan terbesar akan rumah seken pada Desember 2021 yakni Bandung sebesar 1,5%, Surabaya dan Semarang mengalami kenaikan masing-masing 1,1%.