Dunia

Pasca Bercerai, Melinda Gates Jadi Miliarder

  • Mantan istri orang terkaya keempat dunia, Melinda French Gates didapuk sebagai miliarder pasca bercerai dengan suaminya, Bill Gates.

Dunia
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA – Mantan istri orang terkaya keempat dunia, Melinda French Gates didapuk sebagai miliarder pasca bercerai dengan suaminya, Bill Gates.

Masuknya Melinda dalam jajaran miliarder dunia lantaran pasangan yang memutuskan berpisah setelah hampir tiga dekade menikah tersebut telah membagi-bagikan harta keyaan.

Di hari yang sama saat melalui proses perceraian, Bill membagikan asetnya sejumlah US$2,4 miliar atau sekitar Rp34,2 triliun pada Melinda (asumsi kurs Rp14.400 per dollar AS).

Mengutip Forbes pada Jumat, 7 Mei 2021 aset yang diberikan Gates pada mantan istrinya berupa saham.

Rincian saham yang diterima Melinda adalah 2,94 juta lembar saham AutoNation dan 14,1 juta saham Canadian National Railway. Saham ini masing-masing bernilai US$309 juta atau sekitar Rp4,4 triliun dan $1,5 miliar atau sekitar Rp21,4 triliun.

Bill Gates juga memberi Melinda 25,8 juta lembar saham Coca-Cola Femsa yang berbasis di Meksiko senilai US$ 120 juta atau sekitar Rp1,7 triliun dan 155,4 juta lembar saham penyiar Meksiko Grupo Televisa SA, yang bernilai US$ 386 juta atau setara Rp5,5 triliun.

Pemberian saham Bill Gates pada Melinda menyebabkan harta pendiri Microsoft ini sedikit berkurang. Sebelumnya, Bill Gates tercatat memiliki kekayaan bersih sekitar US$130,4 miliar.

Setelah melakukan transfer saham, kekayaan Bill Gates menjadi US$128,1 miliar. Meski begitu, ia tak jatuh miskin. Dengan sisa jumlah kekayaan yang dimilikinya, Bill Gates masih tetap berada di urutan orang terkaya keempat dunia.

Sebelum menikah, Bill Gates dan Melinda diketahui tak membuat perjanjian prenikah. Oleh sebab itu, pasangan yang dikaruniai tiga orang anak ini meminta hakim di negara bagian Washington untuk membagi aset mereka berdasarkan ketentuan kontrak pemisahan. (RCS)