Tarif baru jalan tol Jakarta-Cikupa akan diberlakukan setelah perayaan Natal yakni 26 Deember 2021 Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Pasca Natal, Tarif Baru Tol Jakarta-Cikupa Mulai Diberlakukan

  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan mulai memberlakukan tariff baru Tol SS Tomang-Tangerang-Cikupa mulai 26 Desember 2021.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk mulai memberlakukan tarif baru Tol SS Tomang-Tangerang-Cikupa mulai 26 Desember 2021.

Plh Anggota Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Masbullah Nurdin dalam wawancaranya bersama Elshinta Radio, Selasa, 21 Desember 2021 mengatakan bahwa penyesuaian tarif baru tol sudah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 Tentang Jalan Tol.

Nurdin menambahkan setiap 2 tahun sekali tarif tol akan berubah sesuai kontrak antara pemerintah dengan badan usaha. Sedangkan surat keluar mengenai pemberlakuan tarif baru tol yang paling terdekat waktunya yakni Tol SS Tomang-Tangerang-Cikupa. 

“Penyesuaian tarif baru tol didasari laju inflasi dalam hal ini sekitaran daerah Tangerang. Selama 2 tahun terakhir antara 2019-2021 laju inflasinya sebesar 4,46%,” kata Masbullah Nurdin.

Lebih lanjut, Nurdin berharap dengan berlakunya tarif baru Tol Jakarta-Cikupa membuat pelayanan untuk publik menjadi meningkat dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) terpenuhi.

Di sisi lain, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra Saleh Atmawidjaja dalam acara yang sama, menjelaskan bahwa penyesuaian tarif ini sudah ditunda selama 6 bulan karena pandemi dan akan diberlakukan per 26 Desember 2021.

Keputusan dalam hal penyesuaian tarif memerhatikan terpenuhinya syarat yang tidak mudah untuk dipenuhi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) seperti pemenuhan 8 SPM, keamanan dan kenyaman publik terjamin.  

Selain itu, Kementerian PUPR juga harus memerhatikan 2 sisi yakni pengguna jalan tol dan investor dalam pengambilan keputusan penyesuaian tarif baru yang akan diberlakukan.

Endra berharap dengan penyesuaian tarif baru Tol Jakarta-Cikupa bisa menjadikan jalan tol yang nyaman, aman dan membuat bahagia bagi para pengguna jalan tol.