<p>Kolaborasi dua start up raksasa Indonesia, Gojek dan Tokopedia / Dok. Gojek</p>
Korporasi

Pasca Saham MPPA Dibeli Gojek, Hypermart dan Tokopedia Hadirkan 95 Toko Virtual di Indonesia

  • Pengelola Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), mengumumkan kerja samanya dengan situs loka pasar (marketplace) Indonesia, Tokopedia, untuk menghadirkan total jaringan 95 toko virtual yang aktif beroperasi di Tokopedia secara nasional.

Korporasi
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Pengelola Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA), mengumumkan kerja samanya dengan situs loka pasar (marketplace) Indonesia, Tokopedia, untuk menghadirkan total jaringan 95 toko virtual yang aktif beroperasi di Tokopedia secara nasional.

Direktur & Sekretaris Perusahaan MPPA Danny Kojongian mengatakan kerja sama ini untuk membawa produk makanan dan rumah tangga Hypermart ke Tokopedia yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

“(Kerja sama ini) menempatkan MPPA sebagai perusahaan ritel makanan terbesar di platform online di Indonesia,” ujarnya dalam siaran pers Rabu, 2 Juni 2021.

Kerja sama ini dimulai pada Desember 2020 lalu dengan 23 gerai di sekitar Jabodetabek. Pada April 2021, MPPA dan Tokopedia telah memperluas kemitraan menjadi 47 toko dan menjadi 82 toko pada Mei 2021. Sampai saat ini, tercatat ada 95 toko virtual yang hadir berkat kerja sama ini.

Danny mengatakan, MPPA akan menambah lebih banyak toko di Tokopedia sepanjang 2021 menyusul pengumuman mega-merger antara Tokopedia dan Gojek (GoTo) baru-baru ini sebagai marketplace dan decacorn layanan konsumen berbasis teknologi di Indonesia.

Sebagai informasi, Gojek atau PT Aplikasi Karya Anak Bangsa kini memiliki 4,76% atau setara 358,53 juta lembar saham MPPA sejak April lalu. Pembelian saham ini dilakukan lewat anak usaha Gojek, yaitu PT Pradipa Darpa Bangsa.

Kerja sama dengan Tokopedia ini juga memungkinkan MPPA untuk menghadirkan lebih banyak lagi toko virtual Hypermart, Foodmart, Primo, dan Hyfresh di platform Tokopedia.

“(Pelanggan) kini akan mendapatkan lebih banyak pilihan dan variasi dalam membeli produk segar, bahan makanan, kebutuhan rumah tangga di kemudahan aplikasi online populer Tokopedia,” kata Danny.

Kenyamanan berbelanja daring di Tokopedia juga didukung oleh banyaknya pilihan armada pengiriman dan pembayaran yang aman. MPPA juga menjamin kualitas produk, harga, dan promosi yang sama dengan yang ditawarkan di toko fisik perusahaan, Chat & Shop, dan Hypermart Online.

“MPPA terus memperkuat penawaran bisnis online-nya sebagai O2O strategis dengan toko offline sebagai arah strategis baru menuju tahun 2021 dan ke depan,” tambah Danny.

Walaupun masih dalam situasi pandemi, MPPA juga memperkuat e-commerce organik Hypermart Online dan Chat & Shop yang kini masing-masing mencakup 111 dan 128 toko. Ke depannya, MPPA akan menambah lebih banyak toko online untuk berpartisipasi dalam kolaborasi ini. (RCS)