<p>Pembangunan Sirkuit Mandalika yang akan dipakai sebagai seri penutup WSBK 2021. Foto: Instagram @motogpmandalika</p>
Industri

Pastikan Infrastruktur ICT, Telkom Uji Jaringan di Kawasan Mandalika

  • PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) telah melakukan aktivitas uji jaringan atau rehearsal test di Kawasan Mandalika.
Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA - Emiten telekomunikasi nasional, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), telah melakukan aktivitas uji jaringan atau rehearsal test di Kawasan Mandalika.

Direktur Network & IT Solution Telkom Herlan Wijanarko mengatakan uji jaringan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan infrastruktur jaringan Information & Communication Technology (ICT), seperti jalur backbone, main route, maupun alternative route bekerja dengan baik.

“Uji jaringan dilakukan pada infrastruktur backbone, jaringan akses dan layanan berupa kabel bawah laut maupun radio IP,” jelasnya dalam keterangan resmi yang dikutip Sabtu, 6 November 2021.

Herlan bilang, Telkom memiliki dua peran utama dalam mendukung digitalisasi di Kawasan Mandalika, yaitu sebagai penyedia infrastruktur ICT dan sebagai pendukung UMKM sekitar kawasan.

Untuk infrastruktur ICT, lanjutnya, Telkom telah menggelar jaringan yang meliputi ekspansi backbone, penggelaran fiber optic baik di lokasi event maupun ekosistem pendukungnya, hingga penambahan Node B Combat Telkomsel sebesar 7.22 Gbps.

Dukungan ini disediakan di area Media, Accomodation, Security, International Airport, dan Venue (MASIV) dengan layanan meliputi View, Internet, dan Phone (VIP).

Sementara itu, terkait dengan dukungan bagi UMKM, Telkom menyediakan Point of Sales (PoS) bagi UMKM penyedia merchandise dan food & beverage, serta mendukung pengelolaan homestay di sekitar kawasan Mandalika dalam bentuk penyediaan platform dan booking apps.

Terkait hal ini, platform yang dimiliki Telkom antara lain Padi UMKM, My Sooltan, Wonderin, dan Travel Aja.

Demi memastikan pengamanan infrastruktur dan layanan ICT selama pelaksanaan event di kawasan Mandalika, Telkom mengaku telah membentuk posko pengawalan. Adapun lokasi dengan jalur eskalasi bertingkat ini tersedia mulai dari lokal, regional, hingga nasional.