Pemimpin Chechen Ramzan Kadyrov.
Dunia

Pasukan Chechen Siap Bantu Palestina Lawan Israel

  • Pihaknya menentang keras perang Israel-Palestina yang berkepanjangan. Kadyrov meminta semua pihak berkontribusi untuk menghentikan perang.

Dunia

Chrisna Chanis Cara

JAKARTA—Pemimpin Chechen Ramzan Kadyrov menyerukan agar perang Israel dan Palestina segera dihentikan. Pihaknya tak segan mengirim pasukan bantuan kepada Palestina untuk menghentikan perang melawan Israel. Hal itu disampaikan Kadyrov dalam video yang dikirim via Telegram, Selasa 10 Oktober 2023. 

Dalam video tersebut, Kadyrov turut mengecam Israel yang dinilai merebut tanah milik warga Palestina. “Kami mendukung penuh aksi Palestina karena Israel merebut tanah mereka, sekarang membuat mereka terisolasi. Mereka tidak punya kebebasan berpendapat,” ujar Kadyrov. 

Pihaknya menentang keras perang Israel-Palestina yang berkepanjangan. Kadyrov meminta semua pihak berkontribusi untuk menghentikan perang. “Menghindari agar tidak menyebar ke seluruh dunia,” ujarnya. Kadyrov tak menampik perang Israel-Palestina tidak akan berakhir dengan mudah. 

Oleh karena itu, pihaknya siap mengirim pasukan bantuan pada Palestina untuk menghadapi Israel. “Saya mendesak seluruh Muslim, semua warga, dan pemerintah untuk mendukung kebenaran dan menghentikan perang ini. Atau kirim kami untuk misi perdamaian,” tegasnya.

“Kami akan menentukan siapa yang benar dan yang salah. Kami akan menghentikan mereka yang melanjutkan peperangan,” imbuh Kadyrov. Chechen diketahui mendukung Palestina sebagai sesama wilayah dengan mayoritas Muslim. 

Sebelumnya Chechen sempat membantu Rusia saat berperang di Ukraina. Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Israel memiliki hak yang 'tidak dapat disangkal' untuk mempertahankan diri. “Teror selalu merupakan kejahatan, tidak hanya terhadap satu negara atau korban tertentu, tapi terhadap kemanusiaan secara keseluruhan,” ujarnya.

Hamas diketahui melakukan serangan mendadak terhadap Israel pada Sabtu 7 Oktober 2023. Mereka menembakkan ribuan roket dan menyusul ke Israel lewat jalur darat, udara dan laut. Korban ratusan jiwa membuat Israel melancarkan serangan balasan.  

Terkini, warga Palestina yang meninggal dunia mencapai 704 orang, sebanyak 143 di antaranya anak-anak dan 105 perempuan. Adapun korban luka akibat serangan Israel menjadi 4.000 orang. Pemimpin Hamas Ayman Younis diketahui menjadi salah satu korban tewas akibat serangan udara Israel.

Mayat Younis ditemukan di bawah puing rumahnya pada Minggu 8 Oktober 2023. Selama ini Younis berperan sentral dalam serangan ke Israel melalui bom bunuh diri, serangan roket, maupun perang gerilya. 

Sejak akhir pekan lalu, Israel telah meluncurkan serangan balasan dengan meluncurkan lebih dari 2.000 roket. Israel menargetkan 200 titik di Jalur Gaza, utamanya markas pasukan Hamas.