Coldplay.
Hiburan

Paten! Dua Lipa dan Coldplay jadi Headliner di Glastonbury 2024

  • Mereka akan bergabung dengan banyak artis A-list lainnya seperti Little Simz, LCD Soundsystem, dan Burna Boy
Hiburan
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Dua Lipa, Coldplay, dan SZA akan menjadi headliner di festival Glastonbury 2024, yang berlangsung dari tanggal 26 hingga 30 Juni. Mereka akan bergabung dengan banyak artis A-list lainnya seperti Little Simz, LCD Soundsystem, dan Burna Boy. Selain itu, ada juga penampilan dari Shania Twain.

Coldplay, yang sangat disukai oleh pendiri Glastonbury Michael Eavis, akan menjadi headline di panggung Pyramid untuk kelima kalinya. Mereka sudah menjadi headline pertama kali pada tahun 2002, dan sejak itu kembali memimpin pada tahun 2005, 2011, dan 2016. Penampilan mereka pada tahun 2024 akan menjadi eksklusif untuk festival-festival di Eropa.

Sementara Dua Lipa akan tampil setelah mengumumkan album ketiganya, "Radical Optimism". Album ini telah memperoleh kesuksesan awal dengan singel-singel Houdini dan Training Season yang menjadi hits global. Dia pertama kali tampil di Glastonbury pada tahun 2016 dan kembali pada tahun 2017 dengan penampilan yang mengesankan.

Penyanyi R&B SZA akan tampil di Glastonbury untuk pertama kalinya sebagai headliner di panggung Pyramid. Lagu-lagu dari albumnya tahun 2022, SOS, memenangkan tiga Grammy dan mencapai posisi puncak tangga lagu di AS dan Inggris tahun ini. 

Adapun penyanyi kawakan Shania Twain akan tampil dalam slot “legenda” yang dalam beberapa tahun terakhir diisi oleh tokoh-tokoh seperti Diana Ross, Kylie Minogue, dan sesama pahlawan musik country Dolly Parton.

Selain dari penampilan-penampilan tersebut, akan ada banyak artis lain yang menarik di berbagai panggung seperti Little Simz yang akan tampil sebelum Coldplay, LCD Soundsystem, Burna Boy, PJ Harvey, Cyndi Lauper, Janelle Monáe, dan Michael Kiwanuka. 

Tak meluputkan masifnya pertumbuhan industri K-Pop, Boyband beranggotakan tiga belas orang Seventeen akan menjadi band K-pop pertama yang tampil di panggung Pyramid.

Di panggung terbesar kedua Other, Idles akan tampil sebagai headline setelah album terbaru mereka, Tangk, sukses nangkring di tangga lagu. Mereka akan berbagi panggung dengan Disclosure dan the National. Representasi rap Inggris akan hadir melalui D-Block Europe yang baru saja menggelar konser selama empat malam di O2 Arena London, serta Headie One dan the Streets. 

Band-band lainnya yang akan tampil meliputi the Last Dinner Party dan Two Door Cinema Club. Selain itu, akan ada artis pop seperti Camila Cabello, Anne-Marie, dan Avril Lavigne.

Grup pemenang Brit award untuk grup terbaik, Jungle, akan menjadi headline di panggung West Holts. Mereka akan didampingi oleh Justice dan Jessie Ware, sementara panggung Woodsies akan dimeriahkan oleh James Blake, Gossip, dan Jamie xx. 

Di panggung Park, Fontaines DC, Peggy Gou, dan London Grammar akan tampil sebagai headline, dengan kehadiran tetap dari Orbital, yang telah tampil sebelumnya di Glastonbury.

Spekulasi tentang lineup telah berakhir, tanpa kehadiran rumor-rumor seperti Madonna dan Bruce Springsteen. Kini, semua mata tertuju pada set rahasia yang belum diumumkan.