Patung kucing keberuntungan maneki neko
Gaya Hidup

Patung Kucing Melambai di Toko, Ternyata Pembawa Keberuntungan

  • Maneki Neko dianggap sebagai jimat yang mampu membawa rezeki dan memberikan keberuntungan kepada pemiliknya
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Anda pastinya sudah sangat familiar dengan keberadaan pajangan berupa patung kucing kecil dengan tangan melambai berwarna emas yang biasanya ada di toko-toko Cina. 

Patung kucing tersebut biasa disebut Maneki Neko. Maneki Neko sangat terkenal dalam budaya Jepang dan Tionghoa atau China. Maneki Neko sendiri berasal dari bahasa Jepang yang memiliki arti kucing yang membawa isyarat. Patung Kucing ini juga populer di negara-negara lain seperti Cina, Korea, Vietnam, Thailand, Myanmar, bahkan di Indonesia.

Maneki Neko dianggap sebagai jimat yang mampu membawa rezeki dan memberikan keberuntungan kepada pemiliknya. Inilah mengapa Anda dapat menemukan patung ini di restoran, toko, cafe, hingga bisnis lainnya.

Patung ini biasanya memiliki warna emas, warna emas sendiri memiliki makna yang filosofis dalam budaya Tionghoa. Emas memiliki arti sebagai pelindung dari aura jahat, dan melambangkan keberlimpahan dan kekayaan.

Lambaian tangan pada patung Maneki Neko juga memiliki makna tersendiri. Dilansir dari berbagai sumber, lambaian dengan tangan kanan bermakna memanggil keberuntungan dan uang. Lambaian pada tangan kiri bermakna membuat pembeli tertarik. Dan lambaian di kedua tangan, bermakna perlindungan pada bangunan tersebut.

Selain warna dan lambaian tangan, beberapa Maneki Neko juga membawa barang tertentu di tangan mereka. Bukan sembarang barang, barang ini ternyata juga memiliki makna. Jika Maneki Neko memegang uang koin, itu memiliki makna keberuntungan. 

Sedangkan Maneki Neko yang membawa palu kecil, melambangkan kemakmuran. Ada juga Maneki Neko yang membawa ikan yang bermakna keberuntungan dan kelimpahan. Dan Maneki Neko yang membawa permata atau perhiasan bermakna kebijaksanaan.

Berikut tadi adalah artikel mengenai Maneki Neko, patung kucing yang kerap ditemui di tempat-tempat bisnis. Semoga bermanfaat.