Iring-iringan kendaraan yang membawa Paus Fransiskus meninggalkan Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Pemimpin Takhta Suci Vatikan tersebut dijadwalkan melakukan kunjungan pada 4-5 September 2024 ke sejumlah tempat di Jakarta, seperti Istana Negara, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, dan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Jakarta 3 September 2024. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Paus Fransiskus, Innova dan Sindiran untuk Para Pejabat

  • Kesederhanaan dari sikap Paus dapat menjadikan pesan moral yang penting kepada pejabat di Indonesia agar tetap sederhana

Nasional

Prita Lyani Ayuninda

JAKARTA – Paus Fransiskus selaku pemimpin tertinggi Gereja Katolik Dunia melakukan kunjungan ke Indonesia.  Kepala negara Vatikan yang duduk di Takhta Suci ini tampil sangat sederhana.   

Saat mendarat di di Bandar Udara (Bandara) Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang pada Selasa 3 September 2024, Paus Fransiskus dijemput tidak dengan mobil berharga miliaran, melainkan menggunakan mobil Toyota Innova Zenix Hybrid. 

Mobil yang membawa Paus Fransiskus menggunakan plat nomor SCV 1, singkatan dari Status Civitas Vatcanae 1, atau negara Vatikan. Mobil Innova Zenix Hybrid Modellista yang digunakannya berkisar di harga Rp560 juta. Bagi sebagian orang mungkin masih cukup mahal, tetapi bagi tokoh besar semacam Paus mobil ini sangat sederhana

Dikutip dari berbagai sumber, alasan Paus memilih Kijang Innova Zenix Hybrid karena  ingin menggunakan mobil yang biasa digunakan dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Menariknya, Paus Fransiskus memilih untuk duduk di kursi depan bersebelahan dengan sopirnya. Tidak duduk di kursi pada baris kedua seperti banyaknya kalangan VIP. 

Tak hanya itu, kesederhanaan Paus Fransiskus ditunjukkan dengan enggan menginap di hotel mewah yang sudah disediakan selama di Indonesia. Dia memilih bermalam di Kedutaan Besar Vatikan.  Juga tidak menggunakan private jet, tetapi pesawat komersial bersama dengan rombongannya. 

Kesederhanaan dari sikap Paus dapat menjadikan pesan moral yang penting kepada pejabat di Indonesia agar tetap sederhana, termasuk dalam hal menggunakan kendaraan. Kepemimpinan yang sejati tidak diukur secara harta atau kekayaan, melainkan dalam ketulusan, pelayanan dan pengabdian kepada orang lain. 

Ada banyak contoh, pejabat Indonesia baik itu menteri, bupati atau gubernur tampil dengan menggunakan mobil mewah. Padahal jabatan mereka tidak sebanding dengan kebesaran Paus. Mari kita lihat deretan mobil dinas mewah pejabat di seluruh Indonesia yang kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Toyota Land Cruiser 300

Mobil ini kerap digunakan oleh para pejabat, salah satunya di era Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Harga mobil tangguh ini berkisar Rp2.06 miliar. 

2. LEXUS LM 350

Tak hanya LC 300, Lexus ini kerap dipakai oleh para pejabat di Indonesia, salah satunya Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam). Menariknya, mobil ini ada di pameran GIIAS pada oktober 2023, yang dibanderol Rp2.49 miliar.  

Faktanya, beberapa pejabat sudah mulai melakukan pergantian unit mobil dari Vellfire menjadi MPV mewah ini.

3. Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid

Mobil sedan asal pabrikan Jepang ini, salah satu yang digunakan para Menteri Kabinet Indonesia Maju di periode 2019-2024. Mobil ini ekslusif impor dari jepang dan harga yang masuk ke Indonesia sekitar Rp1.5 miliar.  

“Penghargaan sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia yang telah mempercayai Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid, sebagai mobil dinas Menteri dan pejabat tinggi negara setingkat Menteri untuk periode 2019-2024,” ujar tertulis Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.

4. Jeep Wrangler Rubicon

Drs. H. Juliyatmono adalah Bupati Karanganyar selama 2 periode dari 2013 sampai 2018, lanjut 2018 hingga 2023. Mobil yang digunakan beliau sempat menghebohkan masyarakat, karena harga dari mobil tersebut mendekati Rp2 miliar. Ia menjelaskan bahwa mobil dinas yang digunakannya sebagai pendukung operasional saja.  

5. Mercedes Benz GLS – Class 450

Pada tahun 2021 silam, mobil ini digunakan oleh Bupati Polewali Mandar, yaitu H. Andi Ibrahim Masdar. Harga mobil SUV ini berkisar Rp2.5 miliar, hal ini sempat menghebohkan masyarakat, karena saat pembelian mobil mewah ini pada pasca pandemi.