Pecahkan Rekor, Pemburu Harta Karun Temukan Hampir 70.000 Koin Romawi
Nasional & Dunia

Pecahkan Rekor, Pemburu Harta Karun Temukan Hampir 70.000 Koin Romawi

  • LONDON-Dua pemburu harta karun menemukan hampir 70.000 koin Romawi dan Celtic di pulau Jersey. Temuan ini memecahkan rekor di Inggris. Ahli detektor logam Reg Mead dan Richard Miles mengatakan bahwa mereka telah menghabiskan 30 tahun untuk mencari harta karun setelah seorang wanita lokal menjelaskan bahwa dia melihat kancing perak di daerah tersebut. Timbunan itu ditemukan […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

LONDON-Dua pemburu harta karun menemukan hampir 70.000 koin Romawi dan Celtic di pulau Jersey. Temuan ini memecahkan rekor di Inggris.

Ahli detektor logam Reg Mead dan Richard Miles mengatakan bahwa mereka telah menghabiskan 30 tahun untuk mencari harta karun setelah seorang wanita lokal menjelaskan bahwa dia melihat kancing perak di daerah tersebut. Timbunan itu ditemukan hanya pada kedalaman satu meter di bawah pagar di gundukan tanah liat.

Koin ini bertanggal sekitar 50 SM dan nilainya diperkirakan sekitar US$ 13 juta. Di bawah Treasury Act 1996, harta itu milik Ratu; namun, keduanya berhak mendapatkan hadiah.

Jumlah koin telah diverifikasi di 69.347, yang membuatnya menjadi koleksi koin Zaman Besi terbesar di Inggris. Pemegang rekor sebelumnya adalah penemuan 60.000 koin di Wiltshire, Inggris pada 1978.

Beberapa temuan sudah dipajang di Museum La Hougue Bie di Jersey. “Sekali lagi, penemuan ini menempatkan pulau kami dalam sorotan penelitian internasional tentang koin Zaman Besi dan menunjukkan warisan kelas dunia yang ditawarkan Jersey,” kata Olga Finch, kurator arkeologi untuk Jersey Heritage. Setelah penemuan itu, Reg Mead dan Richard Miles dianugerahi Guinness World Record.