Direktur Utama Adhi Karya Entus Asnawi Mukhson bersama jajaran direksi ADCP usai pelaksanaan Pencatatan Saham Perdana (IPO) Perseroan di Jakarta, Rabu 23 Februari 2022. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Pasar Modal

Pefindo Sematkan Rating idBBB untuk Obligasi Adhi Commuter (ADCP)

  • PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) mendapat rating idBBB dari Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan outlook stabil.
Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) mendapat rating idBBB dari Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) dengan outlook stabil. Peringkat yang sama juga diraih perseroan untuk obligasi yang beredar saat ini.

Dalam keterangan yang disampaikan Pefindo, peringkat tersebut menyiratkan dukungan yang kuat dari PT Adhi Karya (Persero Tbk (ADHI) sebagai induk perusahaan terhadap emiten pengelola properti yang terintegrasi dengan fasilitas Light Rail Transit (LRT) tersebut.

Selain itu, rating idBBB juga mencerminkan captive market dari pengguna jasa LRT, dan kualitas aset yang baik, hanya saja dibatasi oleh struktur permodalan yang agresif dan proteksi arus kas yang lemah, pendapatan berulang yang terbatas, serta paparan terhadap perubahan kondisi makroekonomi.

“Peringkat dapat dinaikkan jika perusahaan secara konsisten mencapai pra-penjualan dan pendapatan serta mampu mengurangi tingkat utangnya secara signifikan,” tulis pengumuman yang dilansir Kamis, 7 September 2023.

Selain itu, peringkat yang didapatkan ADCP saat ini berisiko turun jika mencatatkan utang yang lebih besar dibandingkan dengan proyeksi. Di sisi lain pendapatan atau EBITDA lebih rendah dari yang diharapkan.

Selanjutnya, risiko yang menghantui penurunan peringkat yakni tingkat penjualan yang rendah, perkembangan konstruksi yang tertunda, atau biaya yang lebih tinggi dari yang diperkirakan, mengakibatkan struktur permodalan yang lebih agresif dan proteksi arus kas yang lebih lemah.

Pada akhir perdagangan Kamis, 7 September 2023, saham ADCP ditutup koreksi 1,72% pada level harga Rp57 per lembar. Dalam satu hari, nilai transaksi saham ADCP hanya sekitar Rp247,72 juta dengan kapitalisasi pasar saat ini senilai Rp1,27 triliun.