Sebelumnya Pemerintah memutuskan akan merelokasi depo plumpang ke lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo pasca terjadinya insiden kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023.
Nasional

Pelindo: Kami Sudah Tawarkan Lahan untuk Depo Plumpang Dua Tahun Lalu

  • Sebelumnya Pemerintah memutuskan akan merelokasi depo plumpang ke lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo pasca terjadinya insiden kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat, 3 Maret 2023.
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Pemerintah memutuskan akan merelokasi Depo Plumpang ke lahan milik PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo pascaterjadinya insiden kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) tersebut.

Komisaris Pelindo Jodi Mahardi mengatakan sebenarnya rencana memindahkan Depo Plumpang ke lahan milik Pelindo telah ada sejak 2 tahun lalu. Jodi mengatakan, Pelindo memiliki lahan seluas 32 hektare dengan dua wilayah di Kali Baru, Cilincing, Jakarta Utara.

"Lahannya di Kalibaru. Itu sebetulnya sudah ditawarkan oleh Pelindo sejak dua tahun lalu," ucap Jodi kepada awak media di Kemenko Marves, Senin, 6 Maret 2023.

Bahkan Jodi menyebut lahan yang disiapkan Pelindo merupakan tanah reklamasi yang sudah siap digunakan dari sisi infrastruktur. Namun Jodi belum dapat memastikan detail skema rencana itu. 

Jodi menilai jika pemerintah serius memindahkan Depo tersebut ke lahan Pelindo, Pertamina hanya membutuhkan lahan pengembangan pertama di luar terminal sekitar 30 hektare.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pelindo terkait rencana relokasi ini. Lahan Pelindo tersebut akan siap dibangun untuk fasilitas TBBM milik PT Pertamina (Persero) pada akhir 2024.

"Kami sudah merapatkan bahwa kilang akan pindah ke tanah Pelindo," ujar Menteri BUMN Erick Thohir melalui keterangan lewat video, Senin, 6 Maret 2023.

Menurutnya pembangunan memerlukan waktu 2 hingga 2,5 tahun. Artinya masih ada waktu kurang lebih 3,5 tahun. Oleh karena itu, sambil menunggu pembangunan rampung, pemerintah akan menetapkan buffer zone atau zona aman di sekitar TBBM Plumpang, serta fasilitas TBBM dan kilang Pertamina lainnya, seperti di Balongan dan Semarang.

Sebelumnya, terjadi peristiwa kebakaran di Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang milik PT Pertamina (Persero) di Jakarta Utara sekitar 20.30 WIB. Kebakaran terjadi pada objek pipa bensin Pertamina di Depo tersebut. 

Informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta per 4 Maret 2023, tercatat ada 17 korban meninggal dunia dan 51 korban luka dalam insiden kebakaran hebat tersebut.