Pelindo Multi Terminal
Transportasi dan Logistik

Pelindo Multi Terminal Catat Peningkatan Aktivitas Bongkar Muat

  • Bongkar muat komoditas curah cair mengalami kenaikan sebesar 18%, mencapai 22,1 juta ton, sementara komoditas curah kering naik 8% menjadi 39,7 juta ton dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Transportasi dan Logistik

Muhammad Imam Hatami

JAKARTA - PT Pelindo Multi Terminal (SPMT), sebagai bagian dari Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menunjukkan pencapaian positif dalam mengoperasikan terminal multipurpose di Indonesia. Pada kinerja operasionalnya hingga triwulan III 2023, SPMT mencatat berbagai prestasi yang memuaskan.

Dilansir dari kabarbumn.com, Rabu, 22 November 2023, Hingga September 2023, tercatat peningkatan yang signifikan dalam aktivitas bongkar muat berbagai komoditas. Bongkar muat komoditas curah cair mengalami kenaikan sebesar 18%, mencapai 22,1 juta ton, sementara komoditas curah kering naik 8% menjadi 39,7 juta ton dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Tak hanya pada komoditas curah cair dan kering, tetapi juga pada kargo umum yang meningkat 24% menjadi 17,8 juta ton/M3. Komoditas gas yang terealisasi sebanyak 9,2 juta MMBTu (Metric Million British Thermal Unit) naik 20% dari tahun sebelumnya, dan bongkar muat kontainer juga mencapai 327.935 TEUs, menunjukkan pertumbuhan sebesar 11% dari tahun 2022.

layanan arus kendaraan yang dikelola oleh anak perusahaan SPMT, PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk, menunjukkan lonjakan yang luar biasa sebesar 25% dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Jumlah kendaraan yang telah dilayani mencapai 1.169.498 unit.

Kenaikan yang mencolok ini tidak hanya mencerminkan peningkatan aktivitas kendaraan yang terlayani tetapi juga menunjukkan kepercayaan yang terus bertumbuh  terhadap kualitas layanan yang disediakan oleh PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk di bawah naungan SPMT.

Saat ini, SPMT mengelola 33 pelabuhan, sebagian di antaranya dikelola oleh anak perusahaan seperti PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IPCC), dan PT Terminal Curah Utama (TCU).

Pertumbuhan yang signifikan menandai kapabilitas perusahaan dalam menghadirkan layanan yang efisien dan handal bagi industri kendaraan di wilayah tersebut.

Prestasi yang diraih SPMT menunjukkan komitmen mereka dalam mengelola berbagai jenis muatan di terminal multipurpose secara efisien dan berkelanjutan.