<p>Kapal milik Pelita Samudera/foto:ptpss.co.id</p>
Korporasi

Pelita Samudera Shipping (PSSI) Tebar Dividen Rp43,3 Miliar

  • Emiten jasa angkutan laut, PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) telah melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020. Dalam agenda tersebut, para pemegang saham menyetujui adanya pembagian dividen tunai sebesar Rp43,3 miliar.

Korporasi
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Emiten jasa angkutan laut, PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) telah melangsungkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2020. Dalam agenda tersebut, para pemegang saham menyetujui adanya pembagian dividen tunai sebesar Rp43,3 miliar.

Sekretaris Perusahaan Pelita Samudera Imelda Agustina Kiagoes menjelaskan nilai pembagian dividen itu setara dengan Rp8 per lembar saham atau 35% dari laba bersih 2020. Rencananya, dividen akan dibagikan kepada pemegang saham pada 21 Juli 2021.

Sementara, sebesar Rp6,1 miliar atau sekitar 5% dari laba bersih akan disisihkan untuk dana cadangan perseroan. Lalu, sisanya sebanyak 60% bakal dicatat sebagai laba yang ditahan perseroan.

“Pembayaran dividen ini adalah yang kelima sejak perseroan mencatatkan saham perdananya di Desember 2017,” tulis Imelda melalui keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa, 13 Juli 2021.

Lebih lanjut, ia mengatakan perseroan fokus pada diversifikasi bisnis komoditas angkut multi kargo, ekspansi bisnis pasar potensial termasuk internasional dan mengoptimalkan utilisasi aset. Untuk itu, perseroan mengangkat dewan komisaris baru untuk mendorong target ekspansi bisnisnya.

“Rapat juga menyetujui penambahan Anggota Dewan Komisaris, yakni dengan mengangkat Bapak Loh Niap Juan sebagai Anggota Dewan Komisaris yang baru,” tambahnya.

Loh Niap Juan merupakan Chief Corporate Officer dari IMC Group Singapura, bagian dari IMC Group Corporate Strategy untuk investasi portfolio, governance, dan manajemen. Kehadirannya di PSSI akan menambah keberagaman komposisi 4 anggota Dewan Komisaris sebelumnya.

Di lantai bursa, saham PSSI ditutup stagnan di level harga Rp242 per lembar pada akhir perdagangan Selasa, 13 Juli 2021. Saat ini, kapitalisasi pasar Pelita Samudera Shipping tercatat sebesar Rp1,31 triliun. (LRD)