PSSI
Korporasi

Pelita Samudera Siap Lakukan Pembelian Kembali Saham Sebesar Rp300 Miliar

  • Emiten jasa angkutan laut PT Pelita Samudera Shipping Tbk merencanakan akan melakukan aksi korporasi berupa pembelian kembali saham atau buyback.
Korporasi
Feby Dwi Andrian

Feby Dwi Andrian

Author

JAKARTA - Emiten jasa angkutan laut PT Pelita Samudera Shipping Tbk berencana melakukan pembelian kembali saham atau buyback.

Perusahaan dengan kode saham PSSI ini, seperti dikutip dari keterbukaan informasi, akan melakukan buyback saham perseroan dengan alokasi dana sebanyak-banyaknya Rp300 miliar.

Adapun dana tersebut akan digunakan untuk membeli sebanyak-banyaknya 300 juta lembar saham atau setara dengan 5,5% dari modal ditempatkan dan disetor penuh oleh perseroan.

"Buyback akan dilakukan secara bertahap terhitung sejak tanggal 9 Desember 2022 sampai dengan 30 Juni 2023," ungkap manajemen PSSI dalam keterangan resmi, Minggu, 4 Desember 2022.

Sebagai informasi, sampai saat ini terdapat 636 juta atau setara dengan 11,75% dari total saham PSSI yang beredar di masyarakat.

Sebelumnya, Pelita Samudera menyampaikan, rencana buyback ini tidak akan memberikan dampak negatif berupa material terhadap kegiatan usaha PSSI.

Hal itu mengingat PSSI memiliki modal kerja serta arus kas yang baik untuk melakukan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan.

Aksi pembelian kembali saham ini diharapkan dapat menjaga stabilitas harga saham PSSI di masa yang akan datang, dimana pada saat ini harga saham PSSI tidak mencerminkan kondisi fundamental.