Kapal Kargo Pemimpin Galaksi Dikawal oleh Hapal Houthi di Laut Merah (Reuters)
Transportasi dan Logistik

Pelni Target Jumlah Penumpang Saat Nataru Capai 598 Ribu

  • PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menargetkan akan melayani jumlah penumpang mencapai 598.276 orang pada momen Nataru.
Transportasi dan Logistik
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni menargetkan akan melayani jumlah penumpang mencapai 598.276 orang pada momen natal dan tahun baru (Nataru) 2023/2024.

Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan, angka tersebut meningkat 17 persen dibandingkan dengan tahun lalu yang tembus sebanyak 431.008 orang.

"Total pengoperasian armada Pelni akan ada 68 kapal dengan kapasitas 66.810 bangku sekali keberangkatan selama libur nataru," katanya di DPR Selasa, 5 Desember 2023.

Pelni akan mengoperasikan sebanyak 26 armada kapal penumpang dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 50.832 bangku dan sebanyak 42 kapal perintis dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 15.978 bangku.

Andayani menjelaskan jika pelabuhan dengan ruas terpadat untuk angkutan Nataru kali ini diperkirakan terjadi di Makassar, Batam, Ambon, Jayapura dan Tanjung Priok. Sedangkan lima pelabuhan dengan kedatangan terpadat bakal terjadi di Makassar, Ambon, Belawan, Surabaya dan Batam.

Nantinya, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di pelabuhan tertentu, Andayani menuturkan, pihaknya juga akan melakukan penyesuaian rute dan jadwal dengan melakukan re-routing.

Adapun puncak arus mudik pada momentum Nataru tahun ini diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023 atau H-3 dari Perayaan Natal, dan puncak arus balik pada H+10 atau pada 4 Januari 2024.

Pelni juga melakukan penyesuaian operasi kapal penumpang untuk periode Nataru kali ini dengan penambahan rute pada 12 kapal dan penambahan frekuensi pada 3 kapal serta ada penambahan 2 kapal perbantuan.