<p>Karyawan melintas dengan latar layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, 1 Maret 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Pasar Modal

Peluang IHSG Uptrend Jangka Pendek, Cermati Saham ASII, ROTI, dan AUTO

  • Pasar modal Indonesia masih akan dibayangi oleh sejumlah gelombang tekanan pada beberapa waktu ke depan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih berada pada rentang konsolidasi pada perdagangan Rabu, 21 April 2021

Pasar Modal
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Pasar modal Indonesia masih akan dibayangi oleh sejumlah gelombang tekanan pada beberapa waktu ke depan. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih berada pada rentang konsolidasi pada perdagangan Rabu, 21 April 2021.

CEO PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya menyebut IHSG akan bergerak terbatas pada rentang 5.960 hingga 6.123. Namun, kata dia, kuatnya fundamental perekonomian Indonesia akan menjadi sentimen tersendiri bagi pergerakan indeks hari ini.

“Selama support level masih dapat dipertahankan cukup kuat, maka IHSG masih memiliki peluang untuk kembali pada jalur uptrend jangka pendek,” ungkap William melalui riset harian yang diterima TrenAsia.com, Rabu 21 April 2021.

Dengan analisis tersebut, ia merekomendasikan sejumlah saham yang menurutnya layak untuk dicermati. Di antaranya BBNI, GGRM, ASII, SMGR, SMRA, TBIG, dan ROTI.

Pada kesempatan terpisah, Analis Binaartha Sekuritas Nafan Aji Gusta Utama mengungkapkan adanya pola bullish pin bar yang mengindikasikan potensi penguatan pergerakan IHSG menuju ke level resistance terdekat.

“Berdasarkan rasio fibonacci, adapun support maupun resistance minimum berada pada 5.989,51 – 6.081,11,” tutur Nafan.

Sementara menurutnya berbagai indikator menunjukkan sinyal yang berbeda. Pada MACD misalnya, membentuk pola golden cross pada area negatif. Di sisi lain, RSI masih berada pada area netral dan stochastic sudah menunjukkan sinyal positif.

Berdasarkan gambaran itu, ia membagikan menu-menu saham yang dapat menjadi pertimbangan investor. Antara lain ASII, ASRI, AUTO, BBCA, BMRI, LSIP, serta PSAB.

Sebelumnya, IHSG ditutup terkoreksi 0,23% ke level 6.038,32 pada akhir sesi perdagangan Selasa, 20 April 2021. Dalam sehari, sebanyak 225 saham menguat, 259 saham turun, dan sisanya 162 saham berada pada posisi stagnan. (SKO)