<p>Jembatan Teluk Kendari di Sulawesi Tenggara. / Dok. Kementerian PUPR</p>
Nasional

Pembangunan Jembatan Pulau Balang, Akses Utama ke IKN Nusantara Selesai di Rampungkan

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur (Kaltim).
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Jembatan Pulau Balang di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dilansir dari media sosial Kementerian PUPR, Senin, 9 Mei 2022, Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara yang akan menjadi salah satu akses logistik sekaligus akses utama menuju ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ruang lingkup penyelesaian pekerjaan konstruksi di antaranya jembatan utama sepanjang 804 meter (m), jembatan pedekat 167 m, dan jalan akses 1.807 m.

Pembangunan Jembatan pulau Balang ini memiliki tipe cable stayed yang dilakukan kerja sama antara Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam dan Pemkab Penajam Paser Utara.

Dengan adanya Jembatan Pulau Balang ini dapat mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara dari empat jam menjadi satu jam.

Selain itu, pembangunan jembatan yang sudah selesai ini juga akan mendukung rencana pembangunan Pelabuhan Peti Kemas Kariangau dan Kawasan Industri Kariangau.