Kementerian PUPR menata ulang Kawasan Pusaka Lasem di Rrembang untuk dijadikan destinasi wisata budaya dan religi
Nasional

Pembangunan Kampus UIII Depok Berlanjut Tahap III

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok setelah pembangunan tahap II selesai.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melanjutkan pembangunan Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) Depok tahap III setelah pembangunan tahap II selesai.

Dilansir dari laman resmi Kementerian PUPR yang diterbitkan pada Senin, 13 desember 2021, pembangunan tahap I sudah dilaksanakan oleh Kementerian Agama dengan anggaran senilai Rp714 miliar. Kemudian pembangunan tahap II dan III dilanjutkan Kementerian PUPR melalui Direktoral Jenderal Cipta Karya.

Pembangunan tahap II berupa masjid kampus dua lantai seluas 5.200 m2 (meter persegi) dengan kapasitas 1.880 jemaah. Pembangunan perpustakaan pusat memiliki delapan lantai seluas 16.556 m2 dengan kapastias pengunjung 1.000 orang yang dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (PTPP) bernilai Rp279 miliar.

Serta apartemen mahasiwi Blok I seluas 12.615 m2 berlantai delapan dengan 268 unit yang dibangun oleh PT Hutama Karya (Persero) senilai Rp132 miliar. Pembangunan tahap II ini sudah rampung 100% dan sedang tahap perapihan pembangunan.

“Selanjutnya akan disiapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) pemeliharaannya agar semuanya terawat setelah serah terima kepada pengelola,” kata Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumatuti.

Pada tahap III pembangunan Kampus UIII terdiri dari pembangunan Gedung Fakultas B setinggi empat lantai seluas 14.590 m2 , perumahan dosen sebanyak 10 unit dan Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) dengan nilai kontrak Rp173 miliar.

Pembangunan Kampus Universitas UII Depok ditandai dengan dikeluarkannya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016 dan Peletakkan batu pertama telah dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Juni 2018 lalu.