IMG_20220304_174629.jpg
Nasional

Pembangunan Rest Area Puncak Bogor Rampung, Siap Tampung 516 PKL

  • Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan rest area Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor Jawa Barat.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan rest area Gunung Mas Puncak, Kabupaten Bogor Jawa Barat. Sehingga rest area tersebut siap ditempati untuk 516 pedangan kaki lima (PKL)

Rest area ini bertujuan untuk menata PKL atau usaha mikro serta meningkatkan kegiatan agrowisata Puncak Bogor. Dengan harapan dapat meningatkan perekonomian di kawasan Puncak pasca pandemi COVID-19.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, selain berfungsi sebagai tempat singgah pengendara, rest area ini juga memberikan manfaat bagi masyarakat lokal.

"Melalui penyediaan kios-kios bagi usaha kecil dan menengah untuk mempromosikan produk dan kuliner lokal," kata Basuki Hadimuljono dalam keterangan resmi, Jumat, 4 Maret 2022.

Rest area Gunung Mas Puncak Bogor ini sudah dibangun sejak September 2020 dan selesai pada Desember 2021 menggunakan anggaran sebesar Rp52,9 miliar.

Dibangun di atas lahan seluas 7 hektare (Ha), rest area Gunung Mas sudah dilengkapi sejumlah fasilitas utama seperti tiga area parkir seluas 1.774 meter per segi (m2) yang mampu menampung 500 mobil. Kemudian, ada masjid seluas 576 m2 dan plaza pandang seluas 572,27 m2. 

Di rest area ini juga tersedia meeting point untuk evakuasi pengunjung jika terjadi bencana, docking station, taman atau ruang terbuka hijau, amphiteater, kolam retensi, tempat pengolahan sampah (TPS), dan toilet umum.

Pembangunan rest area ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya jangka panjang untuk mengurangi terjadinya risiko longsor pada jalur Puncak akibat adanya pemanfaatan ruang, curah hujan, dan kondisi topografi.