<p>Mobil listrik produksi Hyundai asal Korea Selatan / Mobil listrik / Hyundai.com</p>
Insight Langit Biru

Pembatasan Pembelian Pertalite hingga Kemenangan Dramatis Anthony Ginting, Berikut 9 Trending Isu Hari Ini

  • Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.
Insight Langit Biru
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Sejumlah isu mewarnai pemberitaan hari ini, Kamis, 9 Juni 2022. Mulai dari isu ekonomi, umum, hingga selebriti.

Berdasarkan hasil monitoring harian yang dilakukan tim TrenAsia.com, berikut rangkuman 9 isu trending yang tayang di sejumlah kanal publikasi seperti media cetak, online, dan media sosial hari ini.

1. Pembelian Pertalite Bakal Dibatasi

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan bahwa pembelian Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite akan terbatas, sehingga tidak semua masyarakat bisa membeli BBM bersubsidi tersebut.

Kepala BPH Migas Erika Retnowati mengatakan, revisi tersebut akan mencantumkan lampiran terkait kriteria konsumen pengguna Pertalite

2. Wabah PMK Ancam Produksi Susu Segar dalam Negeri, Peternak Makin Resah

Wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak berpotensi mengancam produksi susu segar dalam negeri yang makin menurun. Padahal, saat ini produksinya hanya sekitar 21 persen dari total kebutuhan nasional.

Ketua Umum Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) Dedi Setiadi menyebutkan, tingkat kematian akibat PMK memang 1-5 persen, tetapi begitu terinfeksi, produksi susu bisa turun 25-100 persen. Rata-rata 80 persen.

3. Wamen BUMN Umumkan Rencana BTN Syariah Gabung ke BSI

Pemerintah berencana untuk menggabungkan anak usaha syariah BTN (BTN Syariah) ke PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Penggabungan ini diharapkan bisa memperkuat ekosistem layanan perbankan syariah di Tanah Air.

Dalam raker dengan komisi VI DPR Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan jika konsolidasi ini adalah visi pemerintah untuk memperkuat ekonomi dan perbankan syariah. Diharapkan BSI bisa memperkuat posisi secara kapitalisasi pasar.

4. 68 Emiten Belum Rilis Laporan Keuangan, Siap-siap Kena Denda Rp50 Juta

Bursa Efek Indonesia Tbk (BEI) mencatat sebanyak 68 perusahaan tercatat belum menyampaikan laporan keuangan hingga 30 Mei 2022.

Kepala Divisi Penilaian Perusahaan BEI 1 Adi Pratomo Aryanto menyebutkan pada ketentuan II.6.1 Peraturan Bursa Nomor I-H tentang Sanksi perusahaan-perusahaan tersebut akan dikenakan denda Rp50 juta.

Sementara itu, berdasarkan pengumuman yang sama, sudah ada 691 perusahaan tercatat saham yang telah menyampaikan laporan keuangan yang berakhir 31 Desember 2021 secara tepat waktu.

5. Cari Dana Rp7,2 Triliun, Blibli.com bakal IPO

PT Global Digital Niaga atau Blibli.com dilaporkan akan segera mendarat di Bursa Efek Indonesia kian santer terdengar.

Bahkan beredar kabar bahwa sang calon emiten berencana menghimpun USD 500 juta atau sekitar Rp 7,2 triliun dari penawaran umum perdana saham (initial public offering /IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Menurut sumber, IPO akan berlangsung pada Juli bulan depan dan dalam aksi korporasi ini perusahaan telah menunjuk Credit Suisse First Boston (CSBF) dan Morgan Stanley.

6. Jokowi Nyatakan Mobil Listrik Hyundai Jadi Kendaraan Resmi KTT G20

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjajal mobil listrik yang rencananya menjadi kendaraan resmi para pemimpin berbagai negara pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, di Bali, November 2022.

Melalui akun Instagram resminya, Presiden Joko Widodo pun mengunggah momen dirinya beserta rombongan menggunakan mobil dari perusahaan Korea Selatan itu. Dia juga menetapkan mobil Hyundai itu akan menjadi kendaraan resmi pada saat KTT G20 nanti.

Unggahan Presiden Jokowi pun mendapatkan beragam reaksi dari pada pengikutnya. Dari yang mendukung hingga menyindir kenapa tidak menggunakan mobil Esemka.

7. BRI Bawa Pelaku UMKM Go Global melalui Ajang Pasar Senggol Turki

BRI membuktikan komitmen kuatnya dalam mendorong pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) menembus pasar internasional. Salah satunya dengan membawa produk-produk unggulan UMKM nasional go global, di ajang Pasar Senggol Turki (Indonesian Culture Festival Market).

Pasar Senggol Turki 2022 merupakan ajang perdana festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki, hasil kolaborasi antara Konsulat Jenderal RI Istanbul, Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia dan Kementerian BUMN.

8. KAI Tegaskan Stasiun Gambir Masih Melayani Kereta Api Jarak Jauh

PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) menegaskan hingga saat ini Stasiun Gambir masih melayani pelanggan Kereta Api Jarak Jauh. 
Pernyataan ini merespons isu yang beredar liar di media sosial bahwa Stasiun Gambir akhirnya pensiun melayani penumpang. VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, Stasiun Gambir masih dioperasikan sebagai salah satu akses masuk dan keluar Ibu Kota selain Stasiun Pasar Senen, Jatinegara, dan Jakarta Kota.

Dia menegaskan, jika nantinya ada perubahan pelayanan di Stasiun Gambir, PT KAI pasti melakukan sosialisasi secara masif kepada masyarakat terlebih dahulu.

9. Anthony Ginting Menang Dramatis di Indonesian Masters

Anthony Sinisuka Ginting lolos ke babak 16 besar Indonesia Masters 2022 usai meraih kemenangan dramatis atas wakil Thailand Kunlavut Vitidsarn Rabu Malam.

Duel sengit terjadi sejak awal laga yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta. Pada game penentu, Ginting tampil lebih agresif. Sempat unggul 12 poin lewat skor 17-5. Namun Vitirdsan mampu memangkas jarak hingga satu poin di 18-19.Tetapi Ginting berhasil menamatkan perlawanan dengan skor 21-18.