Gedung BPJamsostek di kawasan Jl Gatot Subroto Jakarta. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Nasional

Pembayaran Klaim BPJAMSOSTEK Denpasar Didominasi JHT, Capai Rp281 Miliar Hingga Agustus 2023

  • Klaim manfaat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan  (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar didominasi oleh Program Jaminan Hari Tua (JHT) yang capai Rp281 miliar lebih dengan 16.355 kasus
Nasional
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Klaim manfaat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan  (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar didominasi oleh Program Jaminan Hari Tua (JHT) yang capai Rp281 miliar lebih dengan 16.355 kasus. 

Nominal ini adalah 82% dari total pembayaran klaim keempat program sejumlah Rp342 miliar dengan 21.097 kasus. Adapun keempat program tersebut adalah Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP).

Kepala Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar Cep Nandi Yunandar menyebut  hingga saat ini, pihaknya mencatat jumlah tenaga kerja aktif di wilayah BPJAMSOSTEK Denpasar sebagai penerima upah (PU) sebanyak 424.997 orang dan tenaga aktif bukan penerima upah sebanyak 116.573 orang.

Yunandar menambahkan, untuk tahun 2023 ini pihaknya juga akan fokus mendorong

kepesertaan di sektor nonformal atau pekerja mandiri atau BPU karena cakupan kepesertaannya masih di kisaran 12%.Sedangkan untuk pekerja formal, cakupannya sudah di atas 80%

“Untuk tahun ini dan tahun-tahun berikutnya maka sektor informal menjadi target utama BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar,” katanya dikutip Sabtu 23 September 2023.

Kurangnya pemahaman masyarakat mengenai kepesertaan ini yang menjadi PR BPJAMSOSTEK untuk terus mensosialisasikannya. 

“Yang informal ini menjadi upaya kami untuk bisa menyadarkan mereka sehingga merasa butuh akan program BPJS Ketenagakerjaan. Selama ini masyarakat seringkali hanya tahu bahwa yang bisa menjadi peserta hanya yang bekerja di perusahaan saja,” katanya.

“Padahal, BPJAMSOSTEK telah menyiapkan program untuk kategori pekerja mandiri. Dengan manfaat yang sama, mereka juga dapat terlindungi dari segala risiko pekerjaan yang bisa dialami oleh para pekerja. Dengan menjadi peserta maka bisa memperoleh manfaat yang luar biasa, baik itu pekerja di sektor formal maupun informal." lanjutnya.

Sebagai informasi BPJAMSOSTEK turut menjawab kebutuhan masyarakat di era yang sekarang yang ingin semuanya serba praktis dan terus mengikuti tuntutan zaman dengan menghadirkan JMO (Jamsostek mobile).

"Melalui JMO ditawarkan berbagai kemudahan karena peserta dapat mengakses layanan

BPJAMSOSTEK dimanapun dan kapanpun, mulai dari pengecekan saldo JHT hingga pengajuan klaim JHT secara daring,” pungkasnya.