Ditargetkan Rampung sepenuhnya jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat di tahun 2022/ Jasamarga.com</p>
Industri

Pembebasan Lahan Jalan Tol Ketosono-Kediri Mulai Pada 2021

  • JAKARTA – Emiten pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bakal melakukan pembebasan lahan proyek Jalan Tol Kertosono-Kediri pada awal 2021. Rencana itu akan dilaksanan oleh enitas anak perseroan yakni PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri ajat JNK. Direktur Utama PT JNK Arie Irianto mengatakan saat ini proyek itu tengah memasuki pengajuan penetapan lokasi […]

Industri
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

JAKARTA – Emiten pengelola jalan tol PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) bakal melakukan pembebasan lahan proyek Jalan Tol Kertosono-Kediri pada awal 2021. Rencana itu akan dilaksanan oleh enitas anak perseroan yakni PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri ajat JNK.

Direktur Utama PT JNK Arie Irianto mengatakan saat ini proyek itu tengah memasuki pengajuan penetapan lokasi dari Gubernur Jawa Timur. Proyek pembangunan jalan tol ini ditargetkan rampung pada 2023.

“Proses pembebasan lahan untuk proyek ini dimulai awal 2021. Jika lancar, konstruksi dimulai pertengahan 2021 dan diharapkan beroperasi secara keseluruhan sesuai dengan target pada 2023,” kata Arie dalam keterangan resmi, Rabu, 23 September 2020.

Setelah penetapan lokasi selesai, Arie menyebutkan perseroan akan mengejar persetujuan rencana teknik akhir yang dilanjutkan dengan pembebasan lahan. Sementara itu, untuk rencana review right of way (ROW) telah disetujui bulan lalu.

Jalan Tol Kertosono-Kediri merupakan perpanjangan Jalan Tol Ngawi-Kertosono. Persetujuan penambahan ruang lingkup itu dipastikan dalam adendum Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) pada 2019.

Dalam penjelasan Arie, Jalan Tol Kertosono-Kediri akan memiliki panjang 20,3 kilometer. Jumlah dana yang dikucurkan untuk pembangunan jalan tol tersebut sebesar Rp3,9 triliun. Nantinya, jalan tol ini akan memiliki dua gerbang tol (GT) yang terletak di Sugihwaras dan di Kediri.

Rencananya, jalan tol tersebut akan dilengkapi dengan satu junction yakni di Kedungsoko, Tulungagung, dengan jalan tol Ngawi-Kertosono serta dua interchange di Kabupaten Nganjuk dan Kabupaten Kediri.

Jalan Tol Kertosono-Kediri kelak terhubung ke Bandara Kediri yang tengah dibangun. Jalan tol ini juga bakal tersambung dengan Jalan Tol Ngawi-Kertosono yang telah beroperasi sejak 2018. Sehingga, jalan tol yang dikelola PT JNK untuk ruas Ngawi-Kertosono-Kediri totalnya sepanjang 108 kilometer.