Menteri Sumber Daya Alam Kanada Jonathan Wilkinson (Reuters/Patrick Doyle)
Dunia

Pembebasan Pajak Karbon untuk Minyak Pemanas di Kanada Picu Polemik

  • Keputusan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memberikan pembebasan pajak karbon selama tiga tahun untuk minyak pemanas dimaksudkan untuk memberikan bantuan yang ditargetkan kepada rumah tangga pedesaan dan berpenghasilan rendah.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Keputusan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memberikan pembebasan pajak karbon selama tiga tahun untuk minyak pemanas dimaksudkan untuk memberikan bantuan yang ditargetkan kepada rumah tangga pedesaan dan berpenghasilan rendah.

Hal itu disampaikan Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Jonathan Wilkinson, dilansir dari Reuters, Selasa, 7 November 2023. Dia menegaskan kebijakan itu tak mengganggu penetapan harga karbon untuk memenuhi tujuan iklim secara keseluruhan.

Tetapi para kritikus berpendapat langkah mengejutkan Trudeau bulan lalu akan melemahkan kebijakan iklim khas pemerintah sejak 2019, yang selamat dari tantangan perdana menteri provinsi yang condong ke kanan di Mahkamah Agung Kanada.

Pembalikan tersebut telah menjadi dorongan politik bagi pemimpin Partai Konservatif Pierre Poilievre, yang telah memimpin jauh melawan melawan perdana menteri Liberal dalam jajak pendapat, meskipun pemilihan baru dijadwalkan pada tahun 2025.

Poilievre, yang belum menguraikan kebijakan iklimnya sendiri, telah berjanji untuk memotong pajak karbon jika terpilih. “Minyak pemanas dua hingga empat kali lebih mahal daripada gas alam. Itu naik 75% pada tahun 2022,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Jonathan Wilkinson. 

“Jika kita melihat orang-orang yang biasanya menggunakan minyak pemanas, mereka adalah orang-orang yang umumnya kurang mampu.”

Menurut data resmi, hanya sekitar 3% orang Kanada yang menggunakan minyak pemanas dengan sebagian besar terkonsentrasi di Pantai Atlantik, di mana kaum Liberal memiliki kontingen anggota parlemen yang kuat.

Warisan politik Trudeau salah satunya adalah keberhasilan penerapan pajak karbon, meskipun ada seruan dari perdana menteri provinsi untuk memperpanjang pengecualian ke gas alam, yang akan memungkinkan seluruh negeri mendapat manfaat.

Tetapi para pendukung Trudeau mengatakan skema penetapan harga karbon telah dirusak oleh langkah pengecualian terhadap minyak pemanas. “Membingkai ini sebagai masalah keterjangkauan memainkan kesalahan persepsi tentang penetapan harga karbon,” kata Dale Beugin, wakil presiden eksekutif Canadian Climate Institute. 

Investasi Model Besar

“Warga Kanada yang membayar pajak karbon federal menerima potongan harga triwulanan, terlepas dari seberapa banyak mereka mengurangi emisi, dan 70%-80% orang menerima lebih banyak uang melalui potongan harga daripada yang mereka bayarkan dalam pajak karbon,” katanya.

“Ini menciptakan sedikit harapan bahwa kebijakan akan berubah lagi, dan jika Anda membuat keributan yang cukup besar, pemerintah akan menarik diri,” kata Beugin.

Wilkinson mengatakan penetapan harga karbon adalah cara yang efektif untuk mengatasi perubahan iklim dan sebagian besar pengurangan emisi yang terkait dengan rencana iklim pemerintah terkait dengan harga polusi.

Sekitar 50 negara memiliki beberapa bentuk penetapan harga karbon, dua kali lipat dari angka 10 tahun yang lalu, namun secara politis kontroversial.

Di Kanada, pajak karbon memiliki dua tingkatan. Satu untuk konsumen saat mereka membayar bahan bakar dan satu lagi untuk penghasil emisi industri berdasarkan output mereka. “Industri menyumbang sekitar 40% dari emisi Kanada,” kata Michael Bernstein, direktur eksekutif Clean Prosperity, sebuah kelompok advokasi kebijakan iklim.

Trudeau telah menandatangani kesepakatan iklim Paris dan menargetkan emisi nol bersih pada tahun 2050. Ketika dihubungi untuk cerita ini, kantor Poilievre tidak mengatakan apakah pemimpin Konservatif mendukung penghapusan penetapan harga karbon industri atau apakah dia memiliki target nol bersih.

“Trudeau sangat ingin mengalihkan perhatian dari kegagalan kekacauan pajak karbonnya dan sekarang menghukum keluarga yang tidak tinggal di lingkungan yang dikuasai Liberal secara tidak adil,” kata Sebastian Skamski, juru bicara Poilievre.

‘Kaum Konservatif yang berakal sehat akan fokus pada teknologi, bukan pajak.”

Wilkinson mengatakan kurangnya rencana iklim Poilievre merugikan Kanada, karena perusahaan yang merencanakan investasi teknologi bersih bernilai miliaran dolar membutuhkan kepastian kebijakan.

“Ada sejumlah perusahaan yang merefleksikan investasi modal besar tanpa adanya kepastian di sejumlah bidang yang berbeda. Penetapan harga karbon adalah satu,” kata menteri.