Waspada! Teknologi AI Dapat Memudahkan Peretas Mencuri Password Anda
Tekno

Pembuat ChatGPT Ungkap Teknologi AI Superintelligence yang Melampaui Manusia Tidak Akan Bisa Dihentikan

  • OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan atau AI yang menciptakan ChatGPT telah memperingatkan bahwa kedatangan kecerdasan buatan yang melampaui manusia tidak dapat dihindari.
Tekno
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan atau AI yang menciptakan ChatGPT telah memperingatkan bahwa kedatangan kecerdasan buatan yang melampaui manusia tidak dapat dihindari. 

Tokoh senior dari OpenAI memperingatkan bahwa kecerdasan umum buatan atau yang juga dikenal sebagai superintelligence telah diteorikan oleh para akademisi dan filsuf selama beberapa dekade, di mana teknologi tersebut mengalami kemajuan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir yang berarti kita sekarang mungkin berada di puncaknya. 

Seperti yang ditelusuri dari The Independent, dalam sebuah postingan blog yang diterbitkan di laman OpenAI, Sam Altman dari OpenAI, Greg Brockman dan Ilya Sutskever mengatakan bahwa kekuatan kecerdasan super dari AI mungkin akan muncul seperti belum pernah terjadi sebelumnya, baik dalam hal positif atau negatif.

“Mengingat gambaran seperti yang kita lihat sekarang, dapat dibayangkan bahwa dalam sepuluh tahun ke depan, sistem AI akan melampaui tingkat keahlian ahli di sebagian besar domain, dan melakukan aktivitas produktif sebanyak salah satu perusahaan terbesar saat ini,” tulis postingan tersebut.

Oleh karena itu, potensi keuntungan dan kerugian akibat kecerdasan super dari AI akan lebih kuat daripada teknologi lain yang harus dihadapi umat manusia di masa lalu.

OpenAI menjabarkan tiga cara umat manusia dapat menavigasi kedatangan kecerdasan super dari AI, meskipun ia tetap memperingatkan pembuat undang-undang dan regulator agar tidak mencoba menghentikannya.

“Kami percaya akan sangat berisiko dan sulit untuk menghentikan penciptaan superintelligence (kecerdasan super), ” postingan itu memperingatkan.

Salah satu cara potensial untuk mencegah bahaya AI seperti memanipulasi pemilu menurut Sam Altman yaitu dengan memperkenalkan persyaratan lisensi dan pengujian untuk pengembangan AI.