Ilustrasi mobile banking BCA.
Fintech

Pemeliharaan Sistem Sebabkan Mobile Banking BCA Kerap Alami Gangguan

  • Layanan Mobile Banking (M-Banking) BCA belakangan menjadi perbincangan karena mengalami gangguan alias tidak bisa diakses.
Fintech
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Layanan Mobile Banking (M-Banking) BCA belakangan menjadi perbincangan karena mengalami gangguan alias tidak bisa diakses. Gangguan tersebut terjadi pada Senin 27 Februari 2023 siang. Sempat beroperasi normal sejak Senin sore, layanan perbankan digital tersebut dikabarkan kembali mengalami error.

Sejumlah nasabah BCA melalui media sosial mengeluhkan M-Banking BCA yang tidak bisa diakses lagi pada Selasa 28 Februari 2023. Lampu indikator di layanan tersebut terus berwarna merah sehingga nasabah tidak bisa melakukan transaksi perbankan. Anehnya, kendala yang terjadi hari Selasa tak dialami semua nasabah BCA.

Usut punya usut, kejadian Mobile Banking BCA error ternyata bukan kali pertama. Dalam kurun waktu setahun terakhir, aplikasi tersebut setidaknya mengalami gangguan sebanyak lima kali. Berikut catatannya:

28 Februari 2023

Sejumlah nasabah mengeluhkan Mobile Banking BCA tak bisa diakses sejak pukul 11.00 WIB. Menu utama dapat terbuka tapi indikator warna merah tak kunjung berubah menjadi hijau sehingga nasabah gagal melakukan transaksi. Hal ini membuat kata kunci MBankingBCA menjadi viral di Twitter. 

Yang menarik, gangguan pada 28 Februari 2023 tak dialami semua nasabah BCA. TrenAsia sempat mengecek Mobile Banking BCA pada pagi hingga siang hari dan tidak menemui masalah berarti. Pihak BCA pun membantah layanannya mengalami gangguan pada hari tersebut.

27 Februari 2023

Layanan mobile banking (M-Banking) BCA mengalami gangguan sejak Senin 27 Februari 2023 siang. Hal ini kontan memicu protes dari para nasabah yang gagal melakukan transaksi perbankan. Pantauan TrenAsia, layanan M-Banking BCA mulai error sejak Senin sekitar pukul 14.00 WIB. 

Ketika hendak mengakses layanan tersebut, muncul notifikasi  “Untuk meningkatkan layanan, sedang dilakukan pemeliharaan sistem di BCA mobile sehingga tidak dapat diakses sementara waktu.” Hingga pukul 16.30 WIB, layanan tersebut masih belum dapat digunakan. EVP Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn, mengonfirmasi ada kendala pada layanan BCA mobile.

Pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami para nasabah. “Saat ini, kami sedang berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan perbaikan agar BCA Mobile bisa beroperasi dengan normal kembali,” ujar Hera dalam keterangan resminya, Senin. Sekitar pukul 17.00 WIB, layanan kembali berfungi normal.

27 Desember 2022

Pada akhir 2022 tepatnya 27 Desember 2022, Mobile Banking BCA sempat mengalami gangguan. Hal tersebut diketahui dari laporan warganet di Twitter. Sama seperti masalah pada 28 Februari 2023, indikator lampu pada aplikasi terus berwarna merah sehingga nasabah gagal melakukan transaksi.

Seorang warganet bahkan menyebut saldonya sempat berubah bersamaan dengan M-Banking BCA yang error. Pihak BCA pun meminta maaf pada nasabah atas kendala tersebut. 

1 Agustus 2022

Sejumlah warganet mengeluhkan sejumlah gangguan pada aplikasi perbankan digital bank swasta, termasuk BCA, pada 1 Agustus 2022. Mereka protes karena aplikasi mengalami error sehingga transaksi perbankan pun urung dilakukan. 

Hera pada saat itu menyatakan selalu memantau perkembangan dan memastikan sistem segera bekerja normal. “Kami juga mengimbau kepada nasabah untuk melakukan pengecekan secara berkala dalam penggunaan kembali layanan BCA mobile,” kata Hera dalam keterangan tertulisnya.

2 Maret 2022

Layanan M-Banking BCA juga sempat error pada 2 Maret 2022. Setiap kali masuk aplikasi, nasabah bakal langsung “terlempar”. Namun gangguan kali ini terjadi karena BCA sedang melakukan pemeliharaan sistem. Hal itu untuk memastikan tidak ada kendala pada layanan perbankan BCA. “Untuk meningkatkan layanan, sedang dilakukan pemeliharaan sistem di BCA mobile sehingga tidak dapat diakses sementara waktu,” demikian pernyataan BCA.