Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada acara Groundbreaking (peletakan batu pertama) Kampus II Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Rabu 3 Januari 2024.
Infrastruktur

Pemerintah Anggarkan Rp204 Miliar untuk Ruas Jalan Surakarta-Gemolong Sragen-Purwodadi

  • Pemerintah telah menganggarkan sebesar Rp15 triliun untuk Inpres Jalan Daerah tahun 2024. Namun, realisasi kebijakan tersebut masih dalam proses perencanaan.
Infrastruktur
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau ruas Jalan Surakarta-Gemolong (Sragen)-Purwodadi di Desa Ngandul, Kabupaten Sragen dengan total anggaran mencapai Rp204 miliar untuk membangun tiga ruas jalan.

Jokowi menyebut pembangunan ruas jalan tersebut merupakan bagian dari penanganan jalan daerah sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah tahun 2023.

"Saya ingin melihat selesainya seluruh ruas jalan yang kita kerjakan dengan Inpres jalan daerah (IJD) yang totalnya di seluruh tanah air Indonesia itu Rp14,6 triliun total 2023," kata Jokowi dalam keterangannya di sekretariat presiden pada Selasa, 23 Januari 2024.

Jokowi mengatakan pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp1,3 triliun dari total anggaran tersebut digunakan untuk memperbaiki sekitar 40 ruas jalan di Jawa Tengah. Sedangkan Kabupaten Sragen diberikan anggaran Rp204 miliar untuk membangun tiga ruas jalan.

Jokowi menyebut alasan mengapa ruas jalan ini diperbaiki terlebih dahulu. Pasalnya ruas Jalan Surakarta-Purwodadi ini merupakan ruas jalan yang memiliki tingkat kerusakan paling berat. Hal tersebut dikarenakan sifat tanah yang dinamis sehingga sering menimbulkan kerusakan.

Pemerintah telah menganggarkan sebesar Rp15 triliun untuk Inpres Jalan Daerah tahun 2024. Namun, realisasi kebijakan tersebut masih dalam proses perencanaan.