Nasional

Pemerintah Bakal Bangun Embung untuk Dukung Air Baku di Ibu Kota Nusantara

  • Pemerintah akan memanfaatkan Pusat Persemaian Modern Mentawir untuk menghasilkan bibit pohon dengan membangun embung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.
Nasional
Liza Zahara

Liza Zahara

Author

JAKARTA - Pemerintah akan memanfaatkan Pusat Persemaian Modern Mentawir untuk menghasilkan bibit pohon dengan membangun embung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Pusat Persemaian Modern Mentawir dapat menghasilkan 12 juta bibit pohon per satu tahun untuk dimanfaatkan penghijauan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Jadi nanti konsepnya kota dalam hutan," kata Jokowi dalam keterangan resmi, Rabu, Kamis, 23 Juni 2022.

Pembangunan embung untuk memanfaatkan Pusat Persemaian Modern Mentawir dibangun oleh Kementerian PUPR dengan kapasitas tampung 160.000 meter persegi (m3) dan luas genangan 6,3 hektare (Ha).

Nantinya, embung yang akan dibangun memiliki kedalaman efektif 2,5 meter (m) sehingga volume tampungan embung dapat dimanfaatkan kapasitas pengambilan 60 liter/detik.

Embung ini akan menampung air dari Sungai Mandahan sebagai penyediaan air baku yang lokasinya di samping fasilitas persemaian dan memiliki kurang lebih lebar 5x0,3 m dengan debit 225 liter/detik.

Adapun lokasi Persemaian Mentawir berada di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur dengan luas sekitar 9 Ha dan kapasitas produksi bibit 15 juta/tahun.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua DPR RI Puan Maharani, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah melakukan peninjauan langsung ke Pusat Persemaian Modern (nursey center) Mentawir di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur pada Rabu, 22 Juni 2022 lalu.