<p>Pesawat Airbus A330-300 milik maskapai penerbangan BUMN PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. / Airbus.com</p>
Dunia

Pemerintah Indonesia Evakuasi 26 WNI dari Afghanistan

  • Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Afghanistan.
Dunia
Daniel Deha

Daniel Deha

Author

JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) dari Kabul, Afghanistan pada Jumat, 20 Agustus 2021.

"Alhamdulillah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI AU," ujarnya melalui akun Twitter, dikutip Jumat, 20 Agustus 2021.

Dia memaparkan, dalam misi evakuasi itu, pemerintah Indonesia turut mengangkut beberapa warga negara lainnya, yaitu warga negara Filipina dan warga lokal Afghanistan.

"Tim evakuasi membawa 26 WNI termasuk staf KBRI, 5 WN Filipina, dan 2 WN Afghanistan (suami dari WNI dan staf lokal KBRI)," katanya.

Dia menambahkan, pesawat TNI Angkatan Udara dikabarkan tengah berada di Islamabad, Pakistan, untuk melanjutkan penerbangan ke tanah air.

"Pesawat saat ini sudah berada di Islamabad untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia," terangnya.

Retno menengaskan keselamatan WNI di Afghanistan adalah prioritas utama pemerintah setelah negara itu dikuasai kelompok Taliban pada 15 Agustus lalu.

"Keselamatan para WNI adalah prioritas utama Indonesia memperhatikan perkembangan di Afghanistan," ungkpanya.*