Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Komite II DPD RI meninjau pembangunan Food Estate di Kabupaten Humbahas.
Nasional

Pemerintah Kembangkan Food Estate di Humbahas, Fokus Komoditas Cabai

  • Food estate di Humbahas telah dibangun sejak tahun 2022 di mana pada Juni 2023 luas lahan yang digunakan telah mencapai 482,84 hektare. Kawasan tersebut berfokus pada bidang holtikultura dengan komoditas seperti bawang merah, bawang putih, kentang, kubis, dan cabai.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Kementerian Pertanian menjalin kerja sama dengan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) dalam pengembangan food estate di Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara. 

Hal itu diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman usai melakukan pertemuan dengan Staf Khusus Kemenko Marves dan Bupati Humbahas, Senin 20 November 2023.  “Tim ahli pertanian akan turun besok bersama dengan tim Menko Marves untuk meninjau lapangan,” ungkap Mentan, dikutip dari Antara, Senin.

Amran mengatakan kerja sama itu sebagai bentuk untuk melanjutkan pengembangan food estate di kawasan tersebut. Nantinya, pedoman dalam membuat kebijakan terkait percepatan produksi pangan akan dibuat berdasarkan penelitian yang dilakukan tim.

Adapun komoditas yang bakal menjadi fokus ditanam di wilayah food estate Humbahas yaitu cabai. Mentan mengatakan terdapat 100 hingga 200 hektare (ha) lahan yang bakal disuplai untuk penanaman komoditas cabai. “Sementara itu bibit tanaman akan diberikan gratis oleh Kementerian Pertanian,” sambungnya.

Mentan yakin program food estate yang dilakukan oleh kerja sama antar kementerian dan daerah di wilayah tersebut bakal sukses. Dirinya berharap pada tahun pertama dapat menekan impor, kemudian pada tahun kedua produksi telah membaik serta nantinya tahun ketiga diharapkan dapat melakukan swasembada.

Food estate di Humbahas telah dibangun sejak tahun 2022 di mana pada Juni 2023 luas lahan yang digunakan telah mencapai 482,84 hektare. Kawasan tersebut berfokus pada bidang holtikultura dengan komoditas seperti bawang merah, bawang putih, kentang, kubis, dan cabai. 

Food estate tersebut telah menghasilkan 392 ton kentang, 165ton bawang merah, 294ton kubis, 271ton cabai, 93ton jagung, 26ton tomat, dan 13ton bawang putih melalui food estate

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendukung pengembangan lahan potensial food estate di Kabupaten Humbahas dengan sejumlah pembangunan infrastruktur pendukung proyek tersebut. 

“Dukungan tersebut berupa penyediaan air baku untuk pertanian Hortikultura dengan target awal seluas 1.000 hektar (ha),” tambahnya ketika mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Anggota Komite II DPD RI meninjau pembangunan food estate di Kabupaten Humbahas, 4 September 2023 seperti dilansir dari situs resmi Kementerian PUPR.

Dana sebesar Rp144,4 miliar telah dialokasikan untuk pembangunan jaringan perpipaan air baku. Kemudian, anggaran sebesar Rp7,5 dialokasikan untuk mendukung pembangunan penyediaan air baku di Taman Sains Teknologi Herbal dan Hortikultura (TSTH2) Pollung. 

Proyek pembangunan TSTH2 Pollung dibiayai APBN pada Tahun Anggaran 2021-2023 dengan nilai kontrak sekitar Rp90,4 miliar. Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sumatera I juga turut berperan.

Pihaknya membangun jalan akses sepanjang 8,59 km, pembangunan jalan akses menuju TSTH2 sepanjang 8,60 km, serta pembangunan dua jembatan, yakni Jembatan Aek Nauli I dan Parsingguran sepanjang 25 meter.