<p>Ilustrasi produksi vaksin COVID-19. / Reuters</p>
Nasional & Dunia

Pemerintah Kerala India Gratiskan Vaksin Covid-19

  • INDIA – Vaksin Covid-19 akan tersedia secara gratis untuk semua orang di negara bagian Kerala, India. Dikutip dari Times of India, Kepala Menteri Kerala, Pinarayi Vijayan, menyatakan hal itu dalam konferensi pers. Namun, dia tidak merinci pernyataannya. Sementara, Menteri Keuangan Kerala Thomas Isaac menulis soal itu di Twitter. “Dari kampanye pemberantasan cacar hingga yang terbaru […]

Nasional & Dunia
Gloria Natalia Dolorosa

Gloria Natalia Dolorosa

Author

INDIA – Vaksin Covid-19 akan tersedia secara gratis untuk semua orang di negara bagian Kerala, India.

Dikutip dari Times of India, Kepala Menteri Kerala, Pinarayi Vijayan, menyatakan hal itu dalam konferensi pers. Namun, dia tidak merinci pernyataannya.

Sementara, Menteri Keuangan Kerala Thomas Isaac menulis soal itu di Twitter.

“Dari kampanye pemberantasan cacar hingga yang terbaru untuk eliminasi vaksin polio di India sudah universal dan gratis. Lalu mengapa kemudian pemerintah NDA ragu-ragu soal Covid? Kerala CM menyatakan vaksin Covid-19 akan tersedia gratis untuk semua orang di Kerala,” tulis menteri dalam twit-nya.

Twit itu muncul saat pemilihan badan lokal sedang berlangsung di negara bagian. Pemungutan suara badan lokal diadakan dalam tiga tahap di Kerala, dengan tahap akhir jatuh tempo pada 14 Desember. Suara akan dihitung pada 16 Desember.

Pemerintah Kerala juga mengumumkan mekanisme koordinasi untuk pengenalan vaksin Covid-19. Business Today melaporkan mekanisme koordinasi ini terdiri dari komite pengarah negara bagian, satgas negara bagian, satgas distrik, dan satgas blok.

Komite pengarah negara bagian akan bertanggungjawab atas koordinasi secara keseluruhan. Tugasnya mencakup perencanaan keuangan dan menyusun rencana memanfaatkan layanan dan umum dan infrastruktur publik lainnya.

Adapun, satgas negara akan memantau persiapan database penerima manfaat, meninjau kesiapan rantai dingin, mengidentifikasi pemberi vaksin, dan memetakan sesi vaksinasi.