Mendag Zulhas Ajak Sektor Ritel Dorong Pemulihan Ekonomi.jpeg
Nasional

Pemerintah Mau Syaratkan Vaksin Booster untuk Pengunjung Mal, Hippindo Siap Dirikan Sentra Vaksinasi

  • Hippindo mengatakan siap mendukung upaya tersebut dengan mendirikan sentra vaksinasi untuk menjalankan protokol yang ada
Nasional
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Beberapa waktu lalu pemerintah menginformasikan wacana menjadikan vaksin booster sebagai syarat masuk pusat perbelanjaan (Mall).

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budiharjo Iduansjah mengatakan, pihaknya siap mendukung upaya tersebut dengan mendirikan sentra vaksinasi untuk menjalankan protokol yang ada.

"Kalau ini diwajibkan akan kita dukung, dari pada nanti tahu-tahu ini nanti ditutup," ujar Budihardjo di kantor Kementerian Perdagangan, Kamis 14 Juli 2022.

Budihardjo mengatakan daripada mobilitas masyarakat diperketat, maka langkah mitigasi lebih baik menjadi opsi. Menurutnya di tengah pemulihan ekonomi ada baiknya memberikan kesempatan pada industri retail juga untuk ikut bangkit.

Saat ini para pegawai ritel seluruhnya sudah mendapat vaksin booster. Sebagai salah satu syarat untuk melakukan pekerjaan. 

Budiharjo yakin pengusaha ritel bisa membuka sentra vaksin booster untuk masyarakat saat akan menjadi syarat untuk masyarakat berkunjung ke ruang publik.

Sebelumnya Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengajak sektor ritel untuk memiliki kontribusi dalam mendorong pemulihan konsumsi rumah tangga termasuk yang berada di pusat perbelanjaan.

Ia mengatakan peran konsumsi rumah tangga sangat besar perekonomian negara. Sebab, kontribusi konsumsi rumah tangga mencapai 53,65% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).