<p>Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat akan mengikuti rapat kerja dengan Komisi xI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 30 November 2020. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Pemerintah Resmi Suntik IFG Life Pengganti Jiwasraya Rp26,7 Triliun

  • Pemerintah melalui PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) alias BPUI akan melakukan penyetoran modal sebesar Rp26,7 triliun ke perusahaan asuransi jiwa Indonesia Financial Group (IFG) Life pada 2021.

Nasional
Drean Muhyil Ihsan

Drean Muhyil Ihsan

Author

JAKARTA – Pemerintah melalui PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) alias BPUI akan melakukan penyetoran modal sebesar Rp26,7 triliun ke perusahaan asuransi jiwa Indonesia Financial Group (IFG) Life pada 2021.

IFG Life sendiri merupakan perusahaan asuransi jiwa pelat merah yang baru menggantikan PT Asurasi Jiwasraya (Persero).

Ketua Panja Jiwasraya Komisi VI DPR Aria Bima mengatakan, pihaknya bersama Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyepakati penyertaan modal negara (PMN) kepada holding BPUI untuk disalurkan kepada IFG.

“Pada 2021, BPUI akan melakukan setoran pada IFG Life sebesar Rp26,7 triliun,” ujarnya saat rapat kerja bersama Menteri BUMN, Erick Thohir di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 30 November 2020.

Ia bilang, penyuntikkan modal berasal dari berbagai sumber, terutama PMN senilai Rp22 triliun. Nilai itu akan dibagi dalam dua tahap, yakni Rp12 triliun pada 2021. Selanjutnya Rp10 triliun ditambah bunga utang yang akan dimintakan dalam RAPBN tahun 2022.

“Proses ini dilakukan agar Jiwasraya tidak mewarisi kerugian kepada IFG setelah transfer portofolio. Kemudian PMN yang dibutuhkan karena yang kita ambil adalah opsi mengenai bail-in,” tambahnya.

Selain itu, dana yang akan diterima IFG Life juga berasal dari dividen anak perusahaan BPUI. Kemudian, akumulasi iuran pensiun PT Taspen (Persero), serta fundraising lain sebesar Rp4,7 triliun.

“Untuk solvabilitas IFG Life pada 2021, BPUI juga akan menerbitkan surat utang yang akan diserap oleh PT Taspen,” pungkas Aria. (SKO)