<p>Ilustrasi Sukuk Negara. / Mui.or.id</p>
Industri

Pemerintah Tawarkan Sukuk Ritel Terakhir di 2020, Target Raih Rp2 Triliun

  • JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan resmi merilis sukuk tabungan seri ST007. Ini merupakan seri sukuk ritel terakhir yang ditawarkan pemerintah pada 2020. Direktur Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Luky Alfirman mengungkapkan, ST007 ini merupakan sukuk tabungan bersifat green atau ramah lingkungan. Jaminan atau underlying dari ST007 ini merupakan proyek-proyek pemerintah berbasis lingkungan. […]

Industri
Fajar Yusuf Rasdianto

Fajar Yusuf Rasdianto

Author

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Keuangan resmi merilis sukuk tabungan seri ST007. Ini merupakan seri sukuk ritel terakhir yang ditawarkan pemerintah pada 2020.

Direktur Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Luky Alfirman mengungkapkan, ST007 ini merupakan sukuk tabungan bersifat green atau ramah lingkungan. Jaminan atau underlying dari ST007 ini merupakan proyek-proyek pemerintah berbasis lingkungan.

“Ini kali kedua pemerintah menerbitkan sukuk tabungan berbasis green, bentuk inovasi,” terang Luky dalam konferensi pers virtual, Rabu, 4 November 2020.

Pembelian ST007 ini dapat dilakukan secara daring maupun luring melalui 31 mitra distribusi yang bekerja sama dengan pemerintah. Jangka waktu pembeliannya bisa dilakukan mulai hari ini hingga terakhir pada Rabu, 25 November 2020.

Jumlah pemesanan bisa dilakukan mulai dari minimal Rp1 juta hingga maksimal Rp3 miliar. Kupon bunga yang ditawarkan untuk sukuk ritel ini sebesar 5,5% free float dengan tenor 2 tahun.

Kupon dapat berkembang seiring pergerakan BI 7-day reverse repo rate, namun tidak bisa kurang dari 5,5%. Penghitungan bunga bakal dilakukan saban 3 bulan setelah penawaran masuk. “Target ST007 sebesar Rp2 triliun,” pungkas Luky.