Mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan (Reuters/Akhtar Soomro)
Dunia

Pemilu Pakistan 2024 Dihelat di Tengah Krisis Ekonomi Berat

  • Warga Pakistan bakal pergi ke tempat pemungutan suara pada Kamis, 8 Februari 2024. Kontestasi itu berlangsung di tengah krisis ekonomi dan kesengsaraan lain yang mengancam negara bersenjata nuklir tersebut.
Dunia
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Warga Pakistan bakal pergi ke tempat pemungutan suara pada Kamis, 8 Februari 2024. Kontestasi itu berlangsung di tengah krisis ekonomi dan kesengsaraan lain yang mengancam negara bersenjata nuklir tersebut.

Negara Asia Selatan dengan jumlah penduduk 241 juta jiwa ini sedang dilanda inflasi tertinggi dalam beberapa dekade. Ekonomi mereka juga hampir berhenti bergerak saat menghadapi program penyelamatan yang sulit dari Dana Moneter Internasional (IMF).

Pemberontakan Islamis meningkat dan hubungan dengan tiga tetangga—India, Afghanistan, dan Iran—terasa tegang. Namun, masalah-masalah ini sebagian besar absen dari keributan pemilihan, di mana partai-partai Khan dan Nawaz Sharif, mantan perdana menteri lainnya, menjadi rival utama.

“Siklus pemilihan ini memiliki sedikit pembahasan mengenai isu-isu,” kata Husain Haqqani, mantan duta Pakistan untuk AS, saat ini seorang sarjana di Hudson Institute di Washington. “Ini adalah kampanye yang didominasi oleh tokoh-tokoh," imbuhnya, dikutip dari Reuters, Selasa, 6 Februari 2024.

Jutaan pendukung Khan yang dipenjara berencana untuk bersatu di belakangnya meskipun mereka menyebutnya sebagai tindakan keras yang didukung oleh militer terhadapnya dan partainya.

Militer memiliki kekuatan besar di Pakistan tetapi menegaskan mereka tidak ikut campur dalam politik. Para analis mengatakan, Sharif didukung oleh para jenderal kali ini, setelah mereka lebih memilih Khan pada pemilu terakhir tahun 2018.

Kedua mantan perdana menteri mengatakan bahwa mereka dijatuhkan atas permintaan militer, yang mereka tolak. “Tampaknya ada benturan korban,” ujar Haqqani. “Nawaz Sharif menjadi korban dari 2017 hingga 2022 dan Imran Khan mengklaim sebagai korban setelah itu.”

Partai Sharif memasang iklan satu halaman penuh di halaman depan surat kabar besar beberapa jam sebelum kampanye berakhir pada hari Selasa yang menyatakan dia sebagai Perdana Menteri

Pesaing lain dalam pertarungan itu adalah Bilawal Bhutto Zardari, putra mantan perdana menteri Benazir Bhutto dan mantan presiden Asif Zardari.

Dia mengatakan pada rapat umum di kota selatan Karachi pada Senin bahwa jika kota itu memilih partainya, dia dijamin akan menjadi perdana menteri. Namun meski dipenjara dan partainya dihancurkan oleh kasus hukum, Khan dan kandidatnya, yang mencalonkan diri di platform independen, tetap menjadi kekuatan.

Parlemen Tergantung

Sebagian besar analis memperkirakan tidak ada satu partai pun yang akan keluar dengan mayoritas yang jelas di parlemen, yang akan memerlukan pembentukan pemerintahan koalisi.

Itu berarti pengambilan keputusan pemerintahan yang akan datang akan tertatih-tatih pada saat pengambilan kebijakan yang cepat dan tegas diperlukan untuk mengatasi berbagai krisis.

Yang terpenting di antara mereka adalah ekonomi, dengan program bantuan jangka pendek IMF saat ini akan habis pada bulan Maret, dan pemerintahan yang baru akan perlu bernegosiasi untuk mendapatkan program baru yang diperpanjang. Tetapi para pesaing pemilu tidak banyak bicara tentang itu.

“Program ekonomi yang diartikulasikan oleh tiga pesaing utama untuk mendapatkan kekuasaan dalam manifesto pemilu masing-masing menunjukkan bahwa tidak ada yang memiliki strategi jangka pendek hingga jangka panjang yang dapat ditindaklanjuti untuk mengatasi tantangan ekonomi yang menakutkan,” kata surat kabar berbahasa Inggris Pakistan Dawn dalam sebuah editorial.

Asfandyar Mir, pakar senior keamanan Asia Selatan di U.S. Institute of Peace yang berbasis di Washington, mengatakan baik kandidat Khan maupun Sharif tidak berbicara tentang kebangkitan kekerasan di wilayah perbatasan dengan Afghanistan. Ketegangan baru-baru ini dengan Iran dan India juga tidak ada.

“Tidak ada partai politik yang menawarkan posisi kebijakan luar negeri dan keamanan yang kuat,” jelas dia. Ancaman rendahnya partisipasi dalam pemilu juga tampak besar, dan selanjutnya dapat merusak kredibilitas latihan tersebut.

“Mengingat lingkungan saat ini dan gelombang represi di seluruh negeri, banyak yang mungkin tidak mau repot-repot keluar dan menggunakan hak mereka untuk memilih,” kata Uzair Younis di firma penasihat Asia Group yang berbasis di Washington.

“Itu tentu saja akan menjadi hasil yang mengerikan bagi negara yang mengaku sebagai negara demokrasi.”