<p>Sejumlah guru menjalani screening sebelum mengikuti vaksinasi tahap II untuk tenaga pendidik, guru, dan dosen di SMA Negeri 70 Jakarta, Rabu, 24 Februari 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Nasional

Ribuan Nakes Ikuti Pelatihan Vaksinator Pemprov DKI Jakarta

  • Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah DKI Jakarta (Puslatkesda) tengah menyiapkan pelatihan vaksinator secara daring untuk seluruh tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Nasional
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA – Pusat Pelatihan Kesehatan Daerah DKI Jakarta (Puslatkesda) tengah menyiapkan pelatihan vaksinator secara daring untuk seluruh tenaga kesehatan di seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Puslatkesda DKI Jakarta Nisma Hiddin dalam konferensi pers yang dihelat Rabu, 7 April 2021.

Menggandeng katan Dokter Indonesia (IDI) DKI Jakarta beserta platform aplikasi kesehatan Alodokter dan Alomedika, Nisma menyampaikan pelatihan awalnya diadakan 3 hari penuh. Namun dengan cara daring, pelatihan dapat dipersingkat menjadi satu hari.

Meskipun dipersingkat, Nisma Hiddin tetap menjamin tidak akan mengurangi kualitas pelatihan. Terlebih peserta harus memenuhi standar post-test serta memiliki kehadiran 90% supaya dapat lulus dalam pelatihan tersebut.

“Peserta belum tentu lulus dalam pelatihan ini,” ujar Nisma Hiddin dalam konferensi pers tersebut.

Pelatihan sendiri sudah dilakukan sejak Senin, 5 April 2021 lalu. Hingga hari ini, tercatat 3.400 nakes dari 30 provinsi di Indonesia terlibat dalam pelatihan ini.

Sedangkan jumlah pendaftar pelatihan vaksinator sejak Sabtu lalu telah mancapai 2000 dan yang didominasi dari luar daerah Jakarta.

Sebagai tambahan informasi, pelatihan vaksinator COVID-19, dapat diikuti oleh seluruh nakes tanpa adanya syarat khusus seperti Surat Tanda Registrasi (STR). (RCS)